Gempa Berkekuatan M 5,3 di Aceh, Getaran Tak Dirasakan Warga

Antara, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 12:42 WIB
Gempa Berkekuatan M 5,3 di Aceh, Getaran Tak Dirasakan Warga Ilustrasi gempa/Istockphoto/Kickers
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 terjadi di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Kamis (18/10). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pukul 11.29 WIB dengan episentrum atau berpusat di laut, berlokasi 4.72 Lintang Utara 96.21 Bujur Timur, 30 KM Timur Laut Kabupaten Aceh Barat di kedalaman 10 KM. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Aktivitas masyarakat terlihat tetap normal dan tidak ada kepanikan. Warga yang bersantai di warung kopi serta pertokoan jalan nasional terpantau seakan tidak merasakan apapun dampak dari gempa kedua dalam sepekan ini.

"Saya tidak merasakan, tahu-tahu ada informasi gempa, beda dengan gempa Senin (15/10) malam, itu cukup terasa," kata Edi Syah Putra salah seorang warga Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat seperti dikutip dari Antara.


Namun, sekitar 10 menit berselang listrik di wilayah Kota Meulaboh, tiba-tiba padam sehingga membuat warga bertanya, sementara pihak PT PLN belum bisa dikonfirmasi. Sejauh ini tidak ada kepanikan ataupun bangunan yang rusak.

"Ini gempanya dalam, jadi energi yang di lepas tidak begitu besar. Saya sendiri saja tidak terasa," kata prakirawan BMKG Stasiun Meulaboh, di Nagan Raya, Angga Yudha.

Pada Senin (15/10) malam Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat juga digoyang gempa berkuatan M 5,4 pada pukul 23.26 WIB, gempa menjelang dini hari itu sempat membuat warga berhamburan keluar rumah meskipun goyangannya hanya sekali hentakan. (dea)