Rocky Gerung Kaget PNS DKI Lontarkan Slogan Ganti Presiden

tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 04:05 WIB
Rocky Gerung Kaget PNS DKI Lontarkan Slogan Ganti Presiden Ahli filsafat Rocky Gerung. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ahli filsafat sekaligus pengamat politik Rocky Gerung mengaku pernah dibuat terkejut dengan sikap ratusan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di DKI Jakarta. Sebab, ketika dia selesai memberikan uraian, para ASN itu melakukan hal tak terduga.

"Anda bayangkan setelah berikan uraian itu, sambutan pertama adalah 'ganti presiden'," kata Rocky saat menjadi pembicara di acara diskusi yang dihelat lembaga riset PolMark Indonesia di Hotel Veranda, Jakarta, Kamis (18/10).

Rocky mulanya menceritakan dia ikut dalam apel pagi bersama PNS di salah satu pemerintah kotamadya di Jakarta.


Setelah itu, Rocky mengaku diminta memberikan ceramah umum di hadapan ratusan PNS.

"Kira-kira sebulan lalu saya beri ceramah pagi Senin di sebuah pemkot dekat sini di Jakarta. Itu kira-kira ada 400-500 eselon II dan III," ucap Rocky.

Rocky mengklaim merasa heran ketika diminta memberikan ceramah di hadapan ASN. Sebab, selama ini dia kerap mengkritik pemerintah, namun diminta ceramah di hadapan orang-orang yang merupakan bagian dari pemerintah.

"Saya kaget kok Pemkot bagian dari pemerintahan mengambil risiko meminta saya memberi ceramah. Saya menduga ada ini dijebak atau apa," kata Rocky.

Lantaran diminta, Rocky menyanggupi. Dia tidak merinci apa yang disampaikan saat memberikan ceramah umum. Rocky hanya mengatakan tak menyangka para PNS mengucapkan kata-kata itu kepadanya usai memberikan ceramah umum.

"ASN mengucapkan itu. Anda bayangkan kultur politik kita," kata Rocky. (bmw/ayp)