Sebanyak 13 Instansi Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS

Tim , CNN Indonesia | Minggu, 21/10/2018 11:16 WIB
Sebanyak 13 Instansi Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS Seleksi CPNS, SKD Kemenkumham. (Foto: CNNIndonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lima hari pasca penutupan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, sejumlah instansi telah mengumumkan peserta yang lolos seleksi administrasi.

Menurut data tim publikasi Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada 13 instansi telah memberikan pengumuman.

Instansi yang telah seluruhnya mengumumkan hasil adalah Komisi Yudisial, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Pemprov Jatim, Kementerian Sekretariat Negara, Pemerintah Kota Bandung, 38 Pemkot/ Pemkab Bandung, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi Nasional HAM, Badan Pemeriksa Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kabupaten Subang, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kabupaten Kendal.




Dipastikan jumlah ini akan terus bertambah.

Pendaftar yang melamar di instansi di atas sebaiknya langsung melihat di laman atau portal masing-masing. Menurut penelusuran CNNIndonesia.com pada 11.10 WIB, laman sscn.bkn.go.id masih belum bisa diakses.

Sejak kemarin, BKN mengumumkan bahwa login SSCN memang dinonaktifkan guna memberikan kesempatan kepada verifikator instansi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Namun BKN berjanji pengumuman seleksi administrasi akan diselesaikan hari ini.

"Hasil seleksi administrasi dapat dilihat paling cepat pada tanggal 21 Oktober 2018 atau sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing instansi. Informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui portal SSCN," demikian tulisan yang terpampang di laman SSCN BKN pagi ini.


Sementara itu, pelamar yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi harus menyiapkan diri untuk melalui tes Computer Assisted Test (CAT) untuk Seleksi Kompotensi Dasar (SKD).

Tahun ini, setiap formasi memasang passing grade atau ambang batas nilai yang berbeda-beda untuk pelamarnya.

SKD dijadwalkan akan digelar pada 26 Oktober-17 November 2018.

Ada tiga subtes dalam seleksi ini yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi), 80 untuk TIU (Tes Intelegensia Umum), dan 75 untuk TWK (Tes Wawasan Kebangsaan).

Setelah lolos seleksi ini, pelamar masih harus melalui satu tes lagi yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes itu dijadwalkan akan digelar pada 22-28 November 2018.

(kst/agr)