Prabowo Hadiri Deklarasi 'Santri Militan' Bentukan FPI

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/10/2018 16:29 WIB
Prabowo Hadiri Deklarasi 'Santri Militan' Bentukan FPI Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri acara deklarasi Santri Militan bentukan FPI di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10) malam. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Front Pembela Islam (FPI) menggelar perayaan Hari Santri Nasional sekaligus Milad Front Santri Indonesia ke-1 di Masjid Amaliyah, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, malam ini, Senin (22/10).

Acara yang rencananya akan dihadiri calon presiden Prabowo Subianto itu juga akan diisi oleh deklarasi wadah bernama 'Santri Militan'.

"Yang hadir Insyaallah Pak Prabowo Subianto, sudah konfirmasi hadir," kata Juru Bicara DPP FPI, Slamet Maarif kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon.


Slamet menyatakan deklarasi 'Santri Militan' di acara itu bertujuan untuk mengawal pemenangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

'Nanti ada deklarasi Santri Militan. Tentu untuk memenangkan Prabowo-Sandi," ujarnya.

Prabowo Hadiri Deklarasi 'Santri Militan' Bentukan FPIFront Pembela Islam akan membentuk wadah 'Santri Militan' untuk mengawal pemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Selain Prabowo, kata Slamet, sejumlah ulama dan habaib dari wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, hingga Jawa Timur turut hadir.  Slamet juga mengklaim sekitar 50 ribu santri akan hadir dalam acara tersebut. 

Sebelum hadir dalam acara tersebut, Prabowo melakukan sejumlah kunjungan ke pondok pesantren di daerah Jawa Timur.

Salah satu yang disambangi Prabowo bersama Sandiaga adalah Pondok Pesantren Tebu Ireng yang diasuh KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah.

Prabowo dan Sandi juga berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari yang merupakan salah satu pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

Setelah itu, Prabowo dan Sandi mengunjungi Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, untuk bersilahturahmi dengan para pengurus pondok pesantren serta berziarah ke makam KH Bisri Syansuri.

Prabowo dan Sandi melanjutkan safarinya ke pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. Di sana, keduanya melakukan ziarah ke makam KH Wahab Chasbullah, tokoh pendiri NU lainnya yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo. (fra/wis)