BKN Tegaskan Soal Tes CPNS Tak Pernah Bocor

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 01:30 WIB
BKN Tegaskan Soal Tes CPNS Tak Pernah Bocor Ilustrasi seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menegaskan soal tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tidak pernah bocor.

"Kebocoran tidak ada, rembesan pun tidak ada. Bahkan bocor halus pun tidak," canda Ridwan dalam konferensi di Gedung BKN, Jakarta Timur, Rabu (24/10/2018).

BKN, termasuk Ridwan, mengaku tidak mengetahui isi dari soal tes, meski merupakan penyelenggara seleksi ini. Menurut dia, soal tes CPNS dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
c

"Terkait yang membuat soal tes CPNS, Kemendibud sudah punya mekanisme, sepertinya PTN seluruh Indonesia yang membantu pembuatan soalnya, tapi kami enggak tahu siapa yang buat," tambahnya.


Sebelumnya, Menteri Pendayaangunaan Reformasi Aparatur dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Syafruddin juga membantah adanya isu kebocoran soal CPNS 2018. Dia meminta publik tak percaya dengan isu tersebut.


Mantan Wakapolri itu menegaskan pihaknya sudah bekerjasama dengan Polri untuk menindak tegas para oknum yang mengaku menyebarkan soal tersebut. Rencananya, BKN bakal menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 mulai 26 Oktober hingga 7 November mendatang.

Seleksi tersebut rencananya akan digelar di 269 titik lokasi di seluruh Indonesia. Adapun materi untuk tahapan SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas yang berbeda-beda menurut jenis formasinya.

(kst/agi)