Kiat BKN Bagi Para Calon Peserta SKD CPNS 2018

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 08:16 WIB
Kiat BKN Bagi Para Calon Peserta SKD CPNS 2018 Ilustrasi tes CPNS. (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, mengimbau beberapa hal bagi peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang sudah dipastikan melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Tolong hadir di tempat lokasi maksimal satu jam sebelum sesi ujian Anda. Ujian sendiri kira-kira ada lima sesi dalam sehari yaitu mulai pukul 08.00 hingga 9.30, kemudian sesi II pukul 10.00-11.30, lalu mulai pukul 12.00-13.30, 14.00-15.30, kemudian sesi empat 16.00- 17.30 dan sesi terakhir kalau masih ada mulai dari 18.00-19.30," jelas Ridwan dalam konferensi pers di Kantor BKN, Jakarta, Rabu (24/10).


Ridwan menjelaskan peserta yang datang di tempat ujian tidak langsung duduk untuk mengikuti SKD CPNS 2018. Mereka akan diverifikasi identitasnya dulu kemudian diberi penjelas mengenai cara mengerjakan soal berbasis komputer tersebut.


"Yang harus dibawa saat tes adalah KTP dan Kartu Tanda Peserta SKD yang dicetak berwarna karena biasa di sana ada scan laser barcode ya," katanya.

Selain itu, peserta juga diimbau berada di kota atau di sekitar lokasi tes sehari sebelumnya. Hal itu untuk menghindari keterlambatan tes lantaran hingga kini jadwal SKD CPNS 2018, tempat, dan sesi peserta yang belum jelas.

Ketidakjelasan jadwal dua hari menjelang jadwal tes itu akibat masih ada 146 instansi yang belum menyelesaikan proses verifikasi berkas pelamar. Artinya, jumlah pelamar masih bisa bertambah, sesi dan tempat ujian pun masih bisa berubah.

Oleh karena itu, sambung Ridwan, peserta seleksi CPNS diminta untuk rajin memeriksa media sosial atau portal informasi instansi atau lembaga yang dituju.

"Kesulitannya adalah kita saat ini berpacu dengan waktu. Ada kekhawatiran yang mendalam mengenai ini kapan tesnya. Kalau di luar pulau pesawat gimana, kalau di luar kota menginap di mana, takutnya nanti tidak berada di kota tersebut dan kebagian sesi pertama kan repot," kata dia.


Namun, Ridwan mengatakan akan memberikan jadwal pasti terhadap peserta yang sudah dinyatakan sebagai peserta tes SKD lebih dahulu. Bagi yang hingga besok belum mendapatkan pengumuman lolos seleksi administrasi, maka akan mendapat jadwal tes SKD di tengah atau akhir periode ujian.

Ridwan sendiri tidak menjelaskan lebih rinci dasar penentuan tempat lokasi maupun sesi. Hal ini kata dia, ditentukan instansi-instansi yang dilamar.

Sementara itu, jadwal SKD CPNS 2018 dimulai pada 26 Oktober hingga 17 November 2018. Seleksi akan dilakukan berbasis komputer (SKD) di 269 titik lokasi tes, baik dari fasilitas BKN dan bantuan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(kst/kid)