Berbagai Daerah Siap Gelar Tes CPNS Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 07:42 WIB
Berbagai Daerah Siap Gelar Tes CPNS Hari Ini Ilustrasi SKD CPNS. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah lokasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai daerah menyatakan kesiapannya menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Jumat (26/10). Ruangan dan fasilitas itu sudah tersaji rapih sehari sebelumnya. Para peserta pun diimbau mempersiapkan diri secara tak berlebihan.

Dikutip dari akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), @BKNgoid, sejumlah ruangan tes SKD CPNS sudah terpantau tertata.

"Arek Jatim, iki lho enggone tes SKD wis siap. Tak tunggu ning kene yo. Ojok sampek telat, rek [Orang Jatim, ini lho tempat tes SKD sudah siap. Ditunggu di sini ya. Jangan sampai terlambat]," cuit akun BKN, Rabu (25/10) malam.




BKN pun memperlihatkan suasana lokasi pelaksanaan tes SKD di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Deretan komputer jinjing terlihat sudah tersusun rapi di meja yang memanjang bertaplak coklat; ada yang masih terbungkus tas, ada yang sudah di luar tas namun belum terbuka, dan ada yang sudah dinyalakan.

"#SobatBKN yang jadwal SKD-nya besok?" cuit BKN. "Make your goal to be #2019JadiASN comes true," imbuhnya.

Tak ketinggalan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah pun menunjukkan kesiapan beberapa daerah untuk menggelar SKD. Salah satunya, Magelang.


Terlihat sebuah aula dengan deretan meja panjang dan jejeran komputer jinjing yang sudah terbuka di atasnya. Tampak pula pihak yang kemungkinan merupakan panitia duduk di meja depan aula, serta tempat penitipan barang bagi difabel.

"Nich yang mau tes di Magelang sudah disiapin," cuit @bkdjatengprov, kemarin.

Selain itu, tampak pula pemandangan serupa di lokasi tes SKD CPNS di GOR Diponegoro Sragen.



"Nich yang mau tes di Gor Diponegoro Sragen sudah disiapin tempat dan komputernya," imbuh BKD Jateng.

Penitipan Barang

Menjawab pertanyaan sejumlah warganet perihal penitipan barang dan persiapan menuju lokasi tes, BKN membenarkannya. Namun, peserta diimbau membawa perlengkapan secukupnya.

"Intinya disediakan Penitipan barang, namun kalau bisa jangan terlalu banyak barang bawaan dan berharga, untuk kenyamanan bersama," ujar BKD Jateng.

"Tak perlu bawa mobil, ortu, anak, pasangan ke lokasi. Yang harus diurus panlok [panitia lokal] adalah peserta dan tasnya, bukan keluarganya," akun BKN menambahkan, "Tas dan barang lain disimpan di loker".

Di samping itu, BKN juga menyebut panitia menyediakan pensil dan kertas buram untuk soal hitungan.

"Jangan digambari manga, meski kalian jago gambar. Tahun lalu banyak tuh yang melukis di kertas buram," seloroh BKN.


Tak ketinggalan, BKN mewanti-wanti agar peserta berpakaian sopan agar tak mengganggu peserta lainnya.

Aturan standar soal busana adalah baju putih, celana atau rok hitam, jilbab hitam bagi yang memakainya, sepatu pantofel hitam, serta KTP dan Kartu Tanda Peserta SKD.

"Jangan baju atau rok ketat, nanti bisa mendistraksi peserta lain," ucap BKN. "Lebih baik #SobatBKN #CPNS2018 jangan pakai rok di atas lutut," akun BKN menambahkan.

Diketahui, BKN menyebut SKD pada CPNS 2018 berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Tes ini rencananya akan diselenggarakan 26 Oktober hingga 17 November 2018. Sejauh ini seleksi akan dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi.

Berbagai Daerah Siap Gelar Tes CPNS Hari Ini

Peserta yang mengikuti tes ini adalah calon yang telah lolos dalam seleksi administrasi CPNS sejak 21 Oktober 2018.

Diketahui, SKD CPNS berlangsung lima sesi dalam sehari. Yakni, pukul 08.00-9.30, pukul 10.00-11.30, pukul 12.00-13.30, pukul 14.00-15.30, pukul 16.00- 17.30, dan sesi terakhir pukul 18.00-19.30.

Namun, belum semua instansi mengumumkan hasil tes administrasi. Alhasil, jadwal SKD tiap kementerian/lembaga berbeda satu sama lain. (arh/kid)