Jaringan Internet Bermasalah, Tes SKD CPNS Molor

CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 10:46 WIB
Jaringan Internet Bermasalah, Tes SKD CPNS Molor Para calon peserta tes SKD CPNS 2018 menanti pelaksanaan ujian di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sedianya dimulai pukul 08.00 WIB untuk sesi pertama pada Jumat (26/10) molor di sejumlah tempat. Penyebabnya, karena sejumlah jaringan internet di lokasi pelaksanaan tes SKD bermasalah.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional Mohammad Ridwan menjelaskan jaringan internet tersebut dibutuhkan untuk registrasi ulang. Jadi, kata dia, bukan disebabkan karena server BKN untuk data CPNS mengalami gangguan.

"Bukan, bukan server-nya down. Jadi ada beberapa tempat seperti di Medan dan Padang itu tidak bisa registrasi karena sistem (Internet)-nya di sana offline," ujar Ridwan saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon pada Jumat (26/10).



Sebelumnya, beredar kabar bahwa situs BKN down sehingga peserta tidak bisa registrasi ulang di lokasi tes. Registrasi ini penting untuk bisa mengikuti tes. Seorang peserta tes CPNS diwajibkan untuk registrasi ulang secara online dengan cara memindai (scan) kartu peserta di lokasi tes.

Ridwan menjelaskan kendala ini hanya terjadi di sejumlah lokasi. Di Jakarta misalnya, gangguan internet terjadi di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

Pantauan CNNIndonesia.com di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, tempat lokasi pelaksanaan tes SKD, ratusan CPNS terpaksa menunggu tes. Hingga Pukul 10.30 WIB, tes belum dapat dilaksanakan.

"Enggak tahu dimulainya kapan, petugas belum dapat memastikan," kata seorang peserta tes.


Ridwan mengklaim kendala itu saat ini tengah ditangani vendor penyedia layanan internet.

"Ada juga beberapa tempat yang mulai tepat waktu kok tadi pagi. Memang ada beberapa titik yang mulainya tidak bersamaan juga ya, ada yang sejak pagi ada yang siang," lanjutnya.

Sementara Sekretaris Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan kemungkinan tes akan dilaksanakan setelah salat Jumat.

"Registrasi online akan dimulai setelah ini. Sementara, tes di sini akan dimulai setelah salat Jumat kemudian sesi berikutnya mengikuti," katanya yang memantau situasi tes SKD CPNS 2018 di kantor Wali Kota Jakarta Selatan hari ini.

Ujian sesi pertama seharusnya dimulai pukul 8.00-9.30, disusul sesi kedua pada 10.00-11.30. Setelahnya adalah sesi ketiga dengan jadwal pukul 12.00-13.30.

BKN merencanakan pada hari pertama tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini hanya ada maksimal tiga sesi di setiap lokasi tes. Namun karena kendala ini, jadwal kemungkinan akan diundur.

Seleksi CPNS 2018 telah memasuki tahap kedua dengan diadakannya SKD mulai 26 Oktober - 17 November 2018. Peserta yang lolos ujian ini berhak melanjutkan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan sekitar 22 Oktober-28 November 2018.

(kst/ugo)