KTP dan Kartu BPJS Ditemukan di Lokasi Jatuh Lion Air JT-610

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 13:27 WIB
KTP dan Kartu BPJS Ditemukan di Lokasi Jatuh Lion Air JT-610 Awak kapal KN SAR 224 Jakarta dan RIB 03 Jakarta mengamankan serpihan-serpihan yang diduga terkait jatuhnya pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10). (ANTARA FOTO/H0-Humas Basarnas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan SAR Nasional (Basarnas) dibantu TNI, Polri terus berupaya melakukan pencarian dan evakuasi dari lokasi diduga pesawat Lion Air JT-610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10),

"Siang ini kami sedang melaksanakan penyelaman mencari korban. Ditemukan KTP, kemudian Paspor, SIM, KTA, kartu BPJS, maupun buku tabungan," ujar Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Nugroho Budi Wiryanto dalam jumpa pers, Jakarta, Senin (29/10).


Nugroho menerangkan hingga detik ini pihaknya baru menemukan dan mengevakuasi bagian-bagian kecil serpihan badan pesawat, dan barang hingga dokumen diduga dari JT-610 tersebut.


"Sampai saat ini kita belum dapatkan main body, tetapi hanya yang ada di permukaan saja," kata Nugroho yang menjanjikan akan memberikan pemutakhiran informasi evakuasi pada petang nanti.


Nugroho menerangkan situasi saat ini cuaca cukup bagus, dan hanya berawan. Meski begitu, ia menyatakan arus bawah laut dilaporkan cukup kencang.

Selain itu Nugroho mengatakan untuk proses pencarian ini pihaknya mengerahkan 150 orang. Juga dibantu dari TNI dan Polri sebanyak 150 petugas.

Untuk Posko Basarnas, kata Nugroho, diletakkan di Jakarta International Container Office, Tanjung Priok, Jakarta Utara.


Sebanyak 189 orang di dalam pesawat tersebut--termasuk 7 awak pesawat--belum diketahui kabarnya setelah ditemukan titik lokasi jatuhnya JT-610. Lokasi kedalaman lautan di titik diduga jatuhnya JT-610 itu berkisar 30-35 meter. Pesawat rute Jakarta-Tanjung Pinang itu lepas landar dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.21 WIB dengan tujuan bandara Depati Amir.

Namun, sekitar pukul 06.33 WIB pesawat Lion Air JT-610 itu hilang kontak lalu dikonfirmasi jatuh di laut yakni perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

(jps)