Paripurna DPR Pengesahan APBN 2019 Banyak Kursi Kosong

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 12:47 WIB
Paripurna DPR Pengesahan APBN 2019 Banyak Kursi Kosong Rapat paripurna DPR RI diwarnai kursi kosong. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat paripurna DPR penutupan masa persidangan I 2018-2019 yang salah satunya mengesahkan RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, kembali banyak diwarnai kursi kosong. 

"Menurut laporan sekretariat, rapat telah dihadiri 287 dari 556 anggota yang dihadiri dari seluruh fraksi," kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto yang menjadi pemimpin rapat paripurna di kompleks parlemen, Rabu (31/10).

Namun, berdasarkan daftar hadir tercatat hanya 197 dari 560 anggota yang hadir. Sementara, sebanyak 90 anggota menyatakan izin dan 363 anggota tidak hadir.



Dalam pembukaan rapat paripurna, Agus sempat mengawali dengan penyampaian duka cita terhadap korban dari peristiwa jatuhnya Lion Air JT-610.

Selain itu, dalam paripurna ini juga melantik pengganti antar waktu (PAW) mantan dua anggota Fraksi Golkar yaitu Agus Gumiwang Kartasasmita dan Setya Novanto.

Agus yang beberapa waktu lalu ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham, digantikan posisinya oleh Agus Makmur Santoso.

"Saudara Imanuel Ekadiarnus Blegur, menggantikan saudara Setya Novanto dari Fraksi Partai Golongan Karya pemilihan Nusa Tenggara Timur II," kata Agus.

 
Saat ini, Setya Novanto diketahui telah menjadi terpidana dalam kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Selain Agus dan Novanto, rapat paripurna juga melantik dua anggota yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yaitu Hassanudin menggantikan Epyardi Asra Aru dan Abdul Azis menggantikan saudara Ahmad Dimyati Natakusuma. (swo/DAL)