Polisi Berpeci dan Berserban Putih Kawal Aksi Bela Tauhid

CNN Indonesia | Jumat, 02/11/2018 14:56 WIB
Polisi Berpeci dan Berserban Putih Kawal Aksi Bela Tauhid Ilustrasi pasukan Polri berserban dan berpeci putih. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian mengerahkan personel berpeci dan berserban putih untuk mengawal massa Aksi Bela Tauhid yang berkumpul di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta, Jumat (2/11).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, polisi berpeci dan berserban putih sambil tetap mengenakan seragam coklat itu berjumlah sekitar 60 orang. Mereka berbaris di belakang pagar berduri yang dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, tepatnya di depan kantor Kemenkopolhukam.

Polisi bersorban putih ini tidak membawa senjata jenis apapun. Mereka hanya berbaris menjaga agar massa tidak menerobos pagar berduri dan berjalan menuju Istana Negara.


Pantauan CNNIndonesia.com, ribuan massa Aksi Bela Tauhid juga tidak bisa menuju istana negara. Mereka tertahan di Jalan Medan Merdeka Barat karena akses menuju istana diblokade secara ketat.

Polisi tidak hanya memasang kawat berduri, tetapi juga menyiagakan ratusan personel. Ditambah lima mobil penyemprot air dan empat mobil barracuda.

"Buka! Buka! Buka!" pekik massa aksi bela tauhid yang ingin bergerak menuju istana negara.

Hingga kini, massa tertahan di Patung Kuda Arjuna seraya mendengarkan seruan-seruan yang terdengar dari mobil komando. Polisi tidak menggubris permintaan massa untuk membuka pagar berduri.

(bmw/arh)