Ngopi Bareng Anies, RK, Ganjar dan Tekad Bikin Adem Republik

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 17:40 WIB
Ngopi Bareng Anies, RK, Ganjar dan Tekad Bikin Adem Republik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ngopi bareng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Balai Kota. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ngopi bareng di kawasan Balai Kota usai ketiganya mendapat penghargaan sebagai daerah dengan keterbukaan informasi publik terinformatif bersama Kalimantan Barat.

Penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) itu diterima ketiganya di Istana Kantor Wakil Presiden yang letaknya memang berdampingan dengan Gedung Balai Kota tempat Anies berkantor.

Ganjar dan Ridwan Kamil mengaku mendapat undangan langsung dari Anies untuk ngopi bersama. Bahkan kata Emil sapaan karib Ridwan Kamil ketiganya berjalan kaki dari istana wapres dengan menggunakan pintu belakang yang memang langsung menembus ke Balai Kota.


"Saya berterima kasih karena tiba-tiba diundang karena ternyata bersebelahan, masuknya bisa lewat belakang," kata Emil di Balai Kota, Jakarta, Senin (5/11).

Pantauan CNNIndonesia.com Emil menikmati es coklat, sedangkan Ganjar dan Anies sama-sama memesan es kopi.
Emil dalam kesempatan itu bercanda, bahwa es coklat yang dia pesan itu bisa membuat adem suasana Jakarta yang cukup panas.

"Saya minum es coklat tadi suasana panas jadi adem, para followers yang suka menafsir-nafsir ini harus ikut adem, seperti kita bertiga mudah-mudahan suasana kita bertiga ini mewakili Indonesia yang damai sejuk," kata Emil.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ganjar, dia mengaku sangat senang bisa dijamu oleh Anies yang dia akui telah dikenalnya sejak masa kuliah dulu.

Anies dan Ganjar memang diketahui mengambil kuliah di kampus yang sama yakni di Universitas Gadjah Mada.

Pada kesempatan itu Ganjar berseloroh, saat ketiganya berdiri dan duduk bersama itu bisa membuat adem republik.

"Kami bertugas berdiri di sini bisa adem loh republik. Enggak sepanas Jakarta. Kami orang kampung datang ke Jakarta kalau melihat, ah.. panas. Hari ini bisa adem ditraktir ngopi sama Mas Anies," kata dia.

Dia menambahkan bahwa hari ini bisa membuat suasana Indonesia sejuk.

"Kita buktikan. Termasuk dalam bekerja kita buktikan provinsi ini terbuka dalam informasi publik. Kita tunjukkan kalau kita kerja baik ya bisa baik republik ini, wajah kita selalu merenges dan tersenyum," kata Ganjar.

Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat mendapat penghargaan sebagai provinsi dengan keterbukaan informasi terbaik. Jawa Tengah menempati posisi pertama, DKI Kedua, dan Jawa Barat menempati posisi ketiga, disusul kemudian posisi keempat Kalimantan Barat.
(ugo/ugo)