Taufik soal Wagub DKI: Kami Ikhlas Enggak Kejar Jabatan

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 02:13 WIB
Ketua DPD Gerindra Jakarta M Taufik mengaku ikhlas menyerahkan kursi wakil gubernur DKI Jakarta ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kata dia, Gerindra ikhlas. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengaku ikhlas dengan kesepakatan yang menyerahkan kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Padahal sebelumnya Taufik bersikukuh jika nama yang diusulkan oleh Gerindra untuk calon wagub adalah dirinya.

"Mesti ikhlas, kami enggak mengejar jabatan," kata Taufik usai melakulan pertemuan dengan PKS di Kantor DPD Gerindra, Senin (5/11).


Kata Taufik, sebenarnya Gerindra juga masih memiliki kesempatan untuk mengusulkan nama calon wagub.

Taufik menjelaskan dalam sebagai uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang pertama memang nama-nama yang masuk adalah nama yang diusulkan oleh PKS.
Namun, sambungnya, jika nama-nama yang diusulkan PKS tersebut ternyata tidak lolos maka akan ada pertemuan lanjutan yang digelar antara Gerindra dan PKS.

"Nanti kalau tidak lulus misalnya, ya berembuk lagi, berembuk enggak susah ternyata," ujarnya.

Fit and propes test tersebut nantinya akan dilakukan oleh badan bersama yang dibentuk oleh Gerindra dan PKS yang beranggotakan empat orang. Namun, dari Gerindra maupun PKS belum menentukan siapa saja yang akan menjadi anggota badan tersebut.

Untuk anggota badan tersebut, sambung Taufik bisa diisi oleh pengurus partai hingga pakar ataupun ahli.

Taufik mengungkapkan jika Gerindra juga memiliki kriteria untuk sosok pendamping Anies Baswedan di kursi wagub. Gerindra, kata Taufik, berharap agar wagub yang nantinya terpilih adalah sosok yang memang paham dan mengerti tentang persoalan Jakarta.

"Saya kira harus yang memahami soal Jakarta, paham Jakarta. Saya kira paham soal pemerintahan, soal pemerintahan aja enggak cukup, kalau tidak tau kejakartaan," tuturnya.

Gerindra dan PKS telah sepakat jika kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta akan diserahkan kepada PKS. Kesepakatan muncul usai kedua partai menggelar pertemuan terkait hal tersebut, Senin (5/11) sore.

"Kami sepakat bahwa Gerindra DKI Jakarta akan mengamankan kebijakan Ketua Umum Prabowo berkaitan dengan pengisian wagub DKI," kata Taufik.
(ugo/ugo)


BACA JUGA