Penyerang Polsek Penjaringan Tak Terafiliasi Kelompok Teroris

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 18:35 WIB
Penyerang Polsek Penjaringan Tak Terafiliasi Kelompok Teroris Kabiro Penmas Polri, Dedi Prasetyo tak menemukan kaitan penyerang Polsek Penjaringan dengan kelompok teroris. Foto: CNN Indonesia/Martahan Sohuturon
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian tidak menemukan indikasi Rh (31), pria yang disebut sebagai penyerang Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Metro Penjaringan, Jakarta Utara berafilisasi dengan salah satu kelompok teroris di Indonesia. Namun demikian, polisi masih terus melakukan pendalaman.

"Dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan tidak ada keterlibatan atau berafiliasi dengan jaringan terorisme di Indonesia," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Jumat (9/11).

Menurutnya, berdasarkan hasil penyidikan sementara Rh mengalami frustrasi atas kondisi kesehatannya yang tak kunjung membaik. Rh mengidap penyakit kelenjar getah bening dalam dua tahun terakhir.


Dedi mengatakan hal itu membuat Rh memiliki keinginan untuk mati syahid agar bisa masuk surga. Bahkan, lanjutnya, keinginan mati syahid itu semakin kuat meskipun Rh telah rajin beribadah dan mengikuti kegiatan majelis taklim dalam tiga bulan terakhir.

"Dia punya keinginan yang kuat itu ingin mati. Dengan cara apa? Kalau bunuh diri masuk neraka, tapi kalau mati syahid berarti dia harus ditembak petugas," ujar jenderal bintang satu itu.

Terpisah, Kapolres Jakarta Utara Kombes Reza Arief juga mengatakan pihaknya telah meminta keterangan dari keluarga Rh.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh kakaknya, Reza mengatakan Rh seringkali menunjukkan gejala-gejala depresi. Hal itu sudah berlangsung sejak beberapa bulan belakangan.

"Menurut kakaknya memang ada gejala-gejala (depresi) seperti itu," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Namun Reza tak dapat menjelaskan gejala-gejala depresi seperti apa yang dijelaskan oleh kakak Rh tersebut. "Coba tanyakan kakaknya langsung," ucapnya singkat.

Rh melakukan penyerangan di Polsek Metro Penjaringan dan mengakibatkan satu orang polisi atas nama Ajun Komisaris M. A. Irawan mengalami luka ringan di bagian tangan sebelah kanan pada Jumat (9/11) sekitar pukul 01.35 WIB.

(mts/ain)


BACA JUGA