Tragedi Drama Hari Pahlawan, Penyelenggara Tak Libatkan KAI

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 23:59 WIB
Tragedi Drama Hari Pahlawan, Penyelenggara Tak Libatkan KAI Tragedi Drama Peringatan Hari Pahlawan di sekitar kawasan Tugu Pahlawan. (CNN Indonesia/Miftah Farid)
Surabaya, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan tidak diajak koordinasi penyelenggara pementasan Drama Kolosal Surabaya Membara walau rel kemudian digunakan menonton.

Humas PT KAI Daops 8 Gatut Sutiyatmoko kepada CNNIndonesia.com mengatakan ketiadaan pemberitahuan tersebut membuat pihaknya tidak menyiapkan pengamanan dan pengawasan khusus selama penyelenggaraan pementasan drama.

"Tidak, tidak ada koordinasi sama sekali dengan kami," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (0/11).


Sementara itu kontributor CNNIndonesia Surabaya mengatakan penyelenggaraan
peringatan Malam Hari Pahlawan dengan pertunjukan drama tidak kali ini saja terjadi. Pertunjukan sudah dilakukan sejak 2011 lalu.


Pertunjukan tersebut digelar oleh kelompok seniman Jawa Timur. Sedangkan acara, sepenuhnya didanai dengan menggunakan anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pertunjukan tahunan tersebut selalu dibanjiri oleh penonton. Saking padatnya, warga bahkan harus menonton di rel kereta. Gatut mengatakan pada peringatan tahun sebelumnya, penyelenggaran selalu memberitahukan kegiatan mereka kepada PT KAI.

Karena pemberitahuan tersebut, PT KAI memberikan bantuan pengawasan dan pengamanan agar penyelenggaraan pementasan drama bisa berjalan aman.

"Karena memang rel ini kan aktif, karena ada pemberitahuan, kami bantu pengawasan terutama pengamanan, kalau tahun ini pemberitahuan tidak ada sehingga kami tidak tahu ada acara tersebut," katanya.


(Frd/agt)