Cerita Jokowi Gowes Sepeda Ontel Tanpa Rem di Bandung

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Sabtu, 10/11/2018 10:57 WIB
Cerita Jokowi Gowes Sepeda Ontel Tanpa Rem di Bandung Presiden Joko Widodo menuntun sepeda ontel saat helatan Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Bandung, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo melakukan sepeda santai selama kurang lebih 30 menit dalam helatan Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11).

Berbeda dengan peserta lainnya yang menggunakan sepeda gunung, Jokowi memilih menggunakan sepeda ontel.

Usai berputar di sekitar Gedung Sate, ia lantas menceritakan pengalamannya mengendarai sepeda ontel yang tidak memiliki rem tersebut. Lantaran sepeda tak bisa dihentikan, ia mengaku terpaksa menabrakkan sepeda ke trotoar agar bisa berhenti.


"Kalau jalannya ada turunnya tajam, saya tubrukkan trotoar supaya berhenti. Karena ini pun nanjaknya dikit, turunnya dikit. Kalau turunnya tajem, saya pilih turun. Lalu saya tuntun," jelas Jokowi di Halaman Gedung Sate, Sabtu (10/10).

Ia menjelaskan, memang ada beberapa pilihan sepeda yang akan Jokowi gunakan. Hanya saja, ia memilih mengendarai sepeda ontel karena dianggap enteng. Meski enteng, ternyata ia sempat grogi karena sepeda tersebut tidak memiliki rem.


Selain itu, pemilihan sepeda ontel kali ini juga agar sesuai dengan pakaian yang ia kenakan, yakni setelan seragam pejuang veteran. "Ini kan hari pahlawan 10 November, jadi ya suasana di tahun-tahun 1945, di masa perjuangan itu kami munculkan. Suasana itu yg tadi kenapa saya pakai pakaian ini," imbuh dia.

Tak hanya itu, ia juga berpesan kepada masyarakat milenial untuk menghargai jasa-jasa pahlawan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat Indonesia makin maju, berkreasi, berkarya, bekerja, dan tetap optimistis.

"Saya kira semangat pahlawan dulu juga sama. Semangat untuk merdeka, setelah itu semangat untuk bangun negara, semangat untuk memajukan negara, semangat untuk membuat Indonesia maju," pungkas dia.


Jokowi membuka acara Bandung Lautan Sepeda di depan Gedung Sate, Bandung Jawa Barat, Sabtu (10/10). Acara ini merupakan satu rangkaian Jokowi selama di Bandung dalam rangka memperingati hari pahlawan.

Ia muncul dari dalam Gedung Sate pada pukul 09.15 WIB beserta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian. Uniknya, Jokowi hadir mengenakan setelah pakaian veteran berwarna cokelat dan menggunakan sepeda ontel yang disambut riuhan warga sekitar.

Ini merupakan acara kedua yang dihadiri Jokowi di Bandung. Satu jam sebelumnya, Jokowi mengunjungi Taman Makam Pahlawan Nasional Cikutra, Kota Bandung dalam rangka upacara ziarah nasional dalam rangka hari pahlawan. (agi)