JK Minta Rekonstruksi Palu Pascagempa Dimulai Januari 2019

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 21:02 WIB
JK Minta Rekonstruksi Palu Pascagempa Dimulai Januari 2019 Wapres Jusuf Kalla, di Jakarta, belum lama ini. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut proses rekonstruksi di Palu, Sulawesi Tengah, difokuskan pada relokasi tempat tinggal warga dari daerah rawan bencana. Proses rekonstruksi itu akan dimulai pada Januari 2019.

Ia juga telah meminta Pemerintah Provinsi Sulteng untuk mempercepat proses penyusunan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah agar pembangunan dapat segera dilakukan. Umumnya proses pembahasan perda itu bisa memakan waktu tiga bulan.

"Kalau keadaan darurat percepat saja prosesnya. Minta persetujuan daerah, DPRD, geologi, semua dilalui tapi percepat. Pokoknya Januari mulai pembangunan," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (13/11).


Hal itu dikatakannya usai melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono untuk membahas proses rekonstruksi pascabencana di Lombok, NTB dan Palu, Sulawesi Tengah.

"Ya kita bahas realisasi pembangunan di Lombok dan Palu, bagaimana prosesnya, dievaluasi keseluruhan," kata JK.

Gubernur Sulteng Longki Djonggala sebelumnya telah menargetkan perda itu rampung pada Desember mendatang. Dengan demikian, pembangunan tempat tinggal bagi warga dapat dimulai awal tahun depan sesuai permintaan JK.

Dana untuk relokasi sendiri diperkirakan mencapai Rp18 triliun yang terdiri dari APBN dan pinjaman dari Aceh Development Bank sebesar Rp7,5 triliun.

Bencana gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang memicu tsunami sebelumnya terjadi di Palu dan Donggala hingga menyebabkan banyak korban jiwa pada September lalu.

(pris/arh)