Ma'ruf Amin Yakin Didukung Seluruh Warga NU Jakarta

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 05:04 WIB
Ma'ruf Amin Yakin Didukung Seluruh Warga NU Jakarta Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Ma'ruf Amin mengaku optimis warga Nahdhatul Ulama (NU) se-DKI Jakarta bakal memberikan dukungan untuk dia dan Joko Widodo di Pilpres 2019.

Hal itu ia katakan usai menerima deklarasi dukungan dari keluarga besar Pengurus Cabang Nahdhlatul Ulama (PCNU) Kepulauan Seribu di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Rabu (14/11).

Dia menyebut, dengan dukungan PCNU Kepulauan Seribu maka melengkapi dukungan PCNU di lima wilayah Jakarta lainnya.


"Ya, ini kan sudah berjalan semua, dengan demikian maka sudah 6 wilayah kota di Jakarta para ulama dan warga keluarga NU mendukung kita," kata Ma'ruf.

Diketahui, dua minggu belakangan ini Ma'ruf terus menerima deklarasi dukungan dari kelompok PCNU Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Melihat hal itu, Ma'ruf pun berharap dukungan dari warga NU di luar DKI Jakarta akan terus menyatu dan mengalir agar kemenangan bagi Jokowi dan dirinya semakin mudah.

"Kita ingin meneruskan setelah Jakarta ini mendukung. Kita ingin juga wilayah-wilayah di kabupaten/kota di sekitar Jakarta, seperti Depok Bekasi, Tangsel, Tangerang Kota kita harapkan juga bisa berikan dukungan," kata mantan Rais Aam PBNU.

Lebih lanjut Ma'ruf meyakini elektabilitas Jokowi dan dirinya bakal terus meningkat usai dukungan dari warga NU Jakarta tersebut.

Sebab, ia meyakini bahwa jumlah warga NU di Jakarta sangat besar dan berpengaruh terhadap peningkatan elektabilitas.

"Potensi NU di Jakarta besar sekali, karena itu kita ingin ada kesadaran itu dan mula tumbuh karena itu trennya elektabilitas kami di Jakarta semakin naik karena adanya deklarasi-deklarasi," kata dia.

Suara Muhammadiyah dan Millenial

Tak hanya warga NU, Ma'ruf sendiri mengklaim turut mendapatkan dukungan dari warga Muhammadiyah maupun ormas Islam lain di Pilpres 2019 mendatang. Salah satunya, ia menyebut kelompok relawan Garda Matahari yang berafiliasi dengan Muhammadiyah.

"Tadi malam dalam peluncuran buku Arus Baru Ekonomi Indonesa di panitiai oleh kelompok Muhamamdiyah, Garda Matahari. Jadi kami juga sudah memperoleh dukungan dari kalangan Muhammadiyah dan mungkin dari ormas-ormas lain," kata dia.

Tak hanya itu, Ma'ruf mengaku telah mendapatkan dukungan di Pilpres dari elemen masyarakat lain, seperti kelompok millenial dan kelompok disabilitas.

Ia menyebut timses Jokowi-Ma'ruf sudah menerima berbagai kelompok relawan yang berasal dari kalangan. Mulai dari milenial hingga kaum difabel.

"Milenial juga terus berkembang ada namanya Milenial JKW, ada Remaja KMA, ada Milenial KMA, ada Rumah KMA. Besok tanggal 25 ada juga remaja bahkan difabel juga akan memberikan dukungannya kepada kami," kata dia. (rzr/osc)