Kubu Prabowo Janji Cetak Uang Braille untuk Tunanetra

CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 20:06 WIB
Kubu Prabowo Janji Cetak Uang Braille untuk Tunanetra Hashim Djojohadikusumo mengungkap janji timnya akan mencetak uang braille untuk para tunanetra Indonesia. Foto: CNN Indonesia/Oscar Ferry
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Hashim Djojohadikusumo berjanji bakal mencetak mata uang braille khusus tunanetra. Hal itu dijanjikan bila Prabowo-Sandi terpilih pada Pilpres 2019.

Hal tersebut disampaikan Hashim saat peluncuran buku 'Paradoks Indonesia' versi huruf braille di Media Center BPN Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11).

"Itu ide saya untuk bikin mata uang braille. Kami dapat aspirasi dari tunanetra ada banyak yang bekerja jadi tukang pijat di panti," kata Hashim.



Hashim mengatakan pihaknya mendapat keluhan dari kaum tunanetra yang kerap ditipu lantaran tak mengetahui nominal uang yang mereka terima usai memijat. Menurut dia, beberapa dari mereka ditipu dengan memberikan uang yang ternyata nominalnya tak sesuai dengan tarif, bahkan uang palsu.

"Itu salah satu komitmen kita untuk mata uang braille," ujarnya.

Selain mencetak mata uang braille, kata Hashim, pihaknya juga berjanji memberikan beasiswa kepada anak-anak kaum disabilitas, termasuk tunanetra. Hashim berharap dengan beasiswa dari pemerintah nanti anak-anak mereka bisa membantu orang tuanya yang menyandang tunanetra.


"Anak-anak akan diberikan beasiswa khusus untuk melanjutkan pendidikan, itu komitmen kami juga," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu.

Salah satu perwakilan Komunitas Disabilitas Indonesia, Eka Setiawan menyambut baik janji Prabowo-Sandi yang akan meluncurkan mata uang braille. Namun, kata Eka mata uang yang dimaksud bukan braille, melainkan mata uang yang mudah diakses tunanetra.

"Jadi mata uang yang bisa diakses tunatera, macem-macem misalnya dari garisnya," kata Eka di lokasi yang sama.

Luncurkan Buku Braille 'Paradoks Indonesia'
Pada kesempatan itu, BPN juga meluncurkan buku 'Paradoks Indonesia' versi braille. Peluncuran buku tersebut dilakukan istri Sandiaga, Nur Asia Uno bersama Hashim.

Kubu Prabowo Janji Cetak Uang Braille untuk TunanetraNur Asia Uno. Foto: CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto


Nur Asia mengaku sangat mendukung peluncuran buku tersebut lantaran buku dengan huruf braille bagi kaum tunanetra sangat terbatas. Dia berharap buku 'Paradoks Indonesia' versi braille dapat membantu kaum tunanetra memahami pemikiran Prabowo.

"Buku ini bisa menjadi solusi bagi para disabilitas tunanetra yang tersebar di seluruh Indonesia, yang ingin tahu tentang pandangan, permasalahan, serta solusi untuk Indonesia di mata Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden kita," ujarnya. (fra/ain)