Jokowi Serukan Hijrah di Depan 100 Ribu Anggota GP Ansor

Antara, CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 11:58 WIB
Jokowi Serukan Hijrah di Depan 100 Ribu Anggota GP Ansor Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyerukan hijrah di depan 100 ribu anggota GP Ansor dan Banser yang menghadiri acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Alun-alun Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11) malam.                                                                                                

"Saya ingin mengajak keluarga besar GP Ansor untuk tetap beristiqomah, menjaga NKRI dan membimbing jemaah yang ingin berhijrah," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara.

Hijrah yang dimaksud Jokowi antara lain hijrah dari sikap egois yang mau menang sendiri menjadi sikap peduli sesama. Hijrah dari sifat pendendam kepada sifat penuh kasih sayang, dari sifat pemarah ke kesabaran.


"Hijrah dari yang seneng kegaduhan ke yang penuh kerukunan. Setuju enggak," ujar Jokowi.

Para Anggota GP Ansor yang memenuhi Alun-alun Kajen ini serempak langsung menjawab setuju.

Presiden juga meminta GP Ansor untuk bersabar menghadapi masalah, tantangan dan meletakkan kepentingan negara di atas kepentingan kelompok.

"Untuk terus menjaga marwah ulama, organisasi dan terus melakukan syiar keislaman dan keindonesiaan, selalu bermunajat dalam kebaikan, kedamaian, kesejahteraan, kemakmuran yang juga dilakukan oleh Nabi, syuhada, pahlawan," kata Jokowi.

Selain itu Presiden mengingatkan jemaah yang hadir untuk tidak pernah jauh dari kiai, ulama, baik dalam bermasyarakat dan bernegara.

"Kepada seluruh kader GP Ansor, dengan mengikuti jalan kemuliaan Nabi, insyaallah bangsa kita yang besar akan terus bergerak maju. Maju dalam pekerjaan besar kita untuk menghadirkan keadilan sosial, untuk meningkatkan kualitas SDM, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara 'badatun thoyibatun waratun ghofur'," tutur Jokowi.

Usai menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW Jokowi hari ini berada di Lampung untuk mengunjungi sejumlah titik dalam rangka kunjungan kerja. 

Jokowi bersama rombongan tiba di Bandara Raden Inten Bandar Lampung sekitar pukul 09.41 WIB. Ia tiba didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Teten Masduki.

Gubernur Bandar Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan politikus Partai Golkar Dapil Lampung II Aziz Syamsuddin terlihat sudah menanti Presiden di dekat tangga pesawat.

Setibanya di Lampung, Jokowi menyempatkan lewati Tol Trans Sumatera yang belum diresmikan sambil meninjau.

Lampung menjadi bagian Trans Sumatera. Rute tol ini dimulai dari Bakauheni-Bandar Lampung-Terbanggi Besar dengan panjang sekitar 140,938 kilometer.

Setelah itu Jokowi menuju Lampung Tengah untuk acara penyerahan Akta Tanah di Lapangan Tennis Indoor dan Graha Sesat. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil telah tiba lebih dulu di sana. (chri/wis)