Kwarnas Pramuka Tak Izinkan Jambore Reuni 212 di Cibubur

CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 17:19 WIB
Kwarnas Pramuka Tak Izinkan Jambore Reuni 212 di Cibubur Penyelenggaraan Jambore Reuni Alumni 212 di Buperta Cibubur ditolak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelola Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta tidak mengizinkan Persaudaraan Alumni (PA) 212 menghelat acara Jambore Nasional Relawan 212. 

Diketahui, Jambore Nasional Relawan 212 merupakan rangkaian acara Reuni 212 yang puncaknya akan dilaksanakan di Monas, 2 Desember. Jambore sendiri mulanya direncanakan dihelat pada 30 November hingga 1 Desember 2018.

Merujuk dari surat yang diterima CNNIndonesia.com, pihak Buperta Pramuka menyatakan bahwa Buperta bersikap netral dan tidak berpihak dalam Pilpres, Pileg, dan pemilihan DPD. Dalam surat tertulis hal itu sesuai dengan arahan Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka.


"Bersama surat ini kami sampaikan sesuai arahan dan petunjuk pimpinan Kwarnas agar Buperta bersikap Netral dan tidak berpihak kepada siapapun dalam kondisi Pilpres, Pileg dan Pemilihan DPD," mengutip bunyi kalimat dalam surat, Jumat (23/11).


Surat itu ditujukan Buperta kepada Panitia Jambore Nasional Relawan 212. Surat ditandatangani Kepala Buperta Pramuka Achmad Mardianto tanggal 22 November 2018 dengan nomor surat 149.BPT.K.11.2018.

"Maka selaku pimpinan Buperta membatalkan pesanan reservasi Panitia Jambore Relawan 212," mengutip bunyi kalimat dalam surat.

Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif membenarkan hal tersebut. Dia mengaku kecewa. Slamet juga menduga ada intervensi dari Pihak Joko Widodo-Ma'ruf Amin agar Buperta tidak mengizinkan acara Jambore Relawan Nasional 212 dilaksanakan.

"Iya benar. Kami sangat kecewa," kata Slamet saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Jumat (23/11).


CNNIndonesia.com sudah menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam surat. Namun pegawai yang bertugas mengaku tidak tahu menahu hal itu. Dia pun keberatan memberikan nomor telepon pimpinan Buperta Pramuka.

"Maaf saya baru masuk siang. Nomor kontak juga maaf tidak bisa diberikan," kata petugas bernama Anto saat dihubungi.

CNNIndonesia Juga telah menghubungi dua nomor ponsel Kepala Kwartir Nasional Pramuka Budi Waseso namun tidak aktif.

Diketahui, PA 212 berencana menggelar Reuni 212 di Monumen Nasional, Jakarta pada 2 November. Agenda tersebut merupakan reuni kedua setelah sebelumnya permah dilaksanakan pada 2017 lalu.

Mulanya, PA 212 akan menggelar jambore akbar di Buperta Cibubur pada 30 November hingga 1 Desember. Setelah itu, massa yang berkumpul akan menuju Monas untuk menghadiri acara puncak.

Tim Jokowi-Maruf Amin juga belum memberikan pernyataan terkait tudingan Slamet Maarif bahwa penolakan tersebut atas intervensi mereka.

(bmw/DAL)