Ma'ruf: Perlu Pengendalian Agar Tak Terjadi 'Tsunami' Politik

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 04:20 WIB
Ma'ruf: Perlu Pengendalian Agar Tak Terjadi 'Tsunami' Politik Calon wakil presiden 01 Ma’ruf Amin. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor 01 Ma'ruf Amin mengatakan semua pihak perlu melakukan pengendalian di era revolusi industri 4.0 ini agar tidak terjadi kekacauan, bahkan 'Tsunami' politik di masa mendatang.

"Ciri dari pada zaman ini terjadinya perubahan yang luar biasa, yaitu penjungkirbalikan (nilai-nilai yang sudah lama dibangun). Perubahan ini mengarah pada penjungkirbalikan," ujar Ma'ruf saat pidato dalam Acara Pengukuhan Pimpinan ISNU, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (25/11).

"Kita perlu mengendalikan, mengawal agar tidak menimbulkan kekacauan bahkan tidak menimbulkan tsunami. Baik itu tsunami politik, tsunami ekonomi, tsunami teknologi," kata Ma'ruf.



Ma'ruf mengatakan di zaman seperti sekarang ini perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian. Terutama di dunia digital. Contohnya media sosial, di mana terjadi banyak sekali hoaks dan fitnah tanpa ada dasar yang kuat.

"Di situ sudah banyak hoaks banyak fitnah. Ini sudah merupakan tsunami," ujar mantan Rais Aam PBNU ini.

Karena itu, Ma'ruf menegaskan sekali lagi, semua pihak perlau melakukan pengawalan dan penjagaan terhadap negara kesatauan Republik Indonesia dari ancaman perpecahan akibat 'penjungkirbalikan' terhadap nilai-nilai yang sudah lama dibangun, seperti Pancasila dan UUD 1945.

"Ini harus terus diperkuat karena dua hal itulah yang membuat lahirnya NKRI. Bagi kita NKRI adalah harga mati," ujarnya.

(jnp/osc)