FOTO: Penanganan Longsor di Pasar Rebo

Andry Novelino, CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 17:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perbaikan dilakukan pascalongsor di Pasar Rebo, Jaktim. Longsor yang terjadi pada Senin (26/11) itu bermula dari sebuah lubang hampir semeter di jalan kompleks.

Peristiwa tanah longsor terjadi di Jalan Pesona Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Senin (26/11). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kendati demikian, satu rumah rusak akibat longsor itu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Petugas dari Dinas Sumber Daya Air atau lebih dikenal dengan sebutan pasukan biru mematok tiang pancang agar tak terjadi longsor susulan, Selasa (27/11). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Alat berat yakni eksavator diterjunkan untuk membersihkan tanah dan puing bangunan pascaperistiwa longsor di Kalisari, Pasar Rebo, Jaktim. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor, namun sebuah rumah dan kendaraan bermotor rusak akibat terbawa tanah yang tergelincir. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Longsor itu dikatakan bermula dari sebuah lubang dengan besar hampir satu meter di jalan kompleks tepat di depan rumah yang rusak. Pemilik rumah dengan nomor 278 itu mengatakan lubang itu membesar pada minggu (25/11) siang akibat ban mobil warga yang terjebak di sana. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pemilik rumah yang rusak, Syarifudin, mengatakan setelah melihat ada rongga di bawah aspal jalan yang terlihat berluang, warga RT tersebut bermaksud menimbun dan memperbaikinya awal pekan ini. Namun, belum sempat niat itu dilaksanakan akibat hujan deras, telah terjadi longsor. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meninjau ke lokasi kejadian longsor langsung mempertanyakan IMB dari pemilik bangunan di permukiman tersebut. Hasilnya, tak ada IMB. Selain itu, kawasan tersebut pun masuk jalur hijau yang tak boleh ada bangunan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dari hasil tinjauannya, Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan di bawah lokasi longsor terdapat saluran tanpa tempat keluarnya air. Walhasil, diduga air menggerus struktur tanah di lokasi itu sehingga muncul rongga di bawah jalan kompleks. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Untuk penanganannya, Gubernur DKI Anies Baswedan telah menginstruksikan Dinas Marga memperbaiki tanggul yang longsor. Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu selama satu bulan. Dan, setelah itu akan ada pengecekan kekuatan tanggul di sekitarnya.(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selain penanggulangan pascalongsor, Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan akan mengaudit seluruh bangunan di lokasi sekitar. Jika ada pelanggaran, katanya, tak menutup kemungkinan dilakukan pembongkaran bangunan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)