FOTO: Mereka yang Bertahan di Metromini Hingga Masa Terakhir

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/11/2018 13:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Metromini terancam berhenti beroperasi pada 2019. Sejak penertiban digencarkan, separuh lebih populasi Metromini diberangus, hilang, dan ditinggal penumpang.

Dalam perjalanannya, Metromini seakan menjadi gambaran transportasi ibu kota yang menyeramkan. Aksi ugal-ugalan sopir karena mengejar setoran, maraknya kriminalitas di dalam bus, hingga armada yang tak layak beroperasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Banyak Metromini dalam kondisi tak layak. Pedal gas diikat karet ban dalam, bunyi kopling melengking, lantai keropos, spidometer tak berfungsi, hingga interior bus berkarat di sana sini. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Metromini dan bus sedang lainnya yang berusia lebih dari sepuluh tahun terancam setop beroperasi mulai 2019. Hanya bus yang berusia di bawah sepuluh tahun yang boleh mengaspal di ibu kota. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Banyak penumpang Metromini yang beralih transportasi ke ojek online dan TransJakarta membuat penghasilan sopir bus berwarna merah-biru itu turun drastis. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sopir metromini beristirahat sambil menunggu penumpang di Terminal Blok M, Jakarta Selatan. Penghasilan mereka semakin terjepit, pendapatan per hari menurun drastis. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Adi Muktar, 59 Tahun, menjadi supir Metromini sejak 1980. Saat itu ongkosnya masih Rp150, namun masih mencukupi kebutuhan hidup. Kini, penghasilan per hari tak bisa diprediksi. Kadang, uang yang dibawa pulang hanya Rp24 ribu setelah dibagi-bagi. (CNN Indonesia/Andry Novellino)
Sinta, 34 Tahun, melakoni perannya sebagai kenek sejak setahun lalu. Pendapatan per hari antara Rp20 ribu hingga Rp40 ribu. Ia berharap nasibnya sebagai kenek mendapat perhatian serius dari pemerintah, termasuk harapan agar ia bisa bekerja di TransJakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sejak penertiban digencarkan, pemerintah telah menyetop izin operasi Metromini sebanyak 1.603 dari 3.101 unit. Kebijakan itu sempat mendapat perlawanan dari Forum Komunikasi Pemilik Metromini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemerintah memberikan toleransi kepada para pemilik Metromini untuk meremajakan armada hingga akhir 2018. Namun hal itu dibarengi upaya memusnahkannya secara perlahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selama satu tahun terakhir, Agustus 2017 hingga September 2018, jumlah Metromini yang masih aktif sebanyak 307 unit. Di antaranya, tiga bus tertua buatan tahun 1977 dan dua bus paling baru keluaran 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat ini terdapat 93 trayek bus sedang di Ibu Kota. Sebanyak 54 di antaranya adalah trayek Metromini, sebagian besar berada di Jakarta Selatan. Sisanya dilayani Kopaja 30 trayek, Koantas Bima 5 trayek, Kopami 3 trayek, dan Dian Mitra 1 trayek. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Petinggi Metromini mengklaim masih ada ribuan orang yang menggantungkan hidup dari bus oranye-biru itu, meski terseok-seok mempertahankannya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)