Polisi Tangkap 20 Narapidana Lapas Banda Aceh yang Kabur

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 30/11/2018 00:57 WIB
Polisi Tangkap 20 Narapidana Lapas Banda Aceh yang Kabur Ilustrasi narapidana (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 20 narapidana kembali ditemukan setelah kabur membobol Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Lambaro, Aceh Besar. Sementara 93 narapidana lainnya masih dalam pencarian.

"Sudah 20 orang yang telah ditangkap," ujar Kapolsek Ingin Jaya, Iptu Tri Andi Darma, Kamis (29/11) malam, melansir ANTARA. Kini, sebanyak 20 narapidana tersebut telah dikembalikan di LP Klas II A Lambaro.

"Sekarang kami masih mencari 93 napi sisanya yang kabur tadi," ujar Tri.



Tri menjelaskan bahwa para narapidana kabur dari LP Klas II A Lambaro melalui pintu utama. Mereka berlarian ke tepi kali, area pesawahan, hingga mendatangi rumah-rumah warga yang kosong di sekitar lokasi.

"Mereka ditangkap di sekitar LP. Di sungai, sawah, dan di atas loteng rumah," kata Tri.

Insiden ini bermula dari kerusuhan yang terjadi di dalam lapas pada Kamis (29/11) pukul 18.30 WIB. Kerusuhan menyebabkan sejumlah jendela kaca hancur.


Namun, hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kerusuhan LP Klas II A Lambaro tersebut. Sampai saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

Kerusuhan yang lebih parah pernah terjadi di LP Klas II A Lambaro pada awal 2018. Ratusan penghuni penjara membakar bangunan kantor.

Lapas Klas II A Lambaro dihuni sekitar 500 narapidana. Para narapidana yang kabur tengah berada pada masa hukuman atas kasus narkoba. (asr/asr)


BACA JUGA