Peserta Reuni 212 Antre Foto di Spanduk Bela Tauhid Bela NKRI

CNN Indonesia | Minggu, 02/12/2018 15:23 WIB
Peserta Reuni 212 Antre Foto di Spanduk Bela Tauhid Bela NKRI Para peserta Reuni Aksi 212 rela mengantre berfoto di depan spanduk bertuliskan
Jakarta, CNN Indonesia -- Di gelaran Reuni Aksi 212, sejumlah peserta tampak berfoto di berbagai kesempatan, baik swafoto maupun foto bersama dengan peserta lainnya.

Ada satu spot atau lokasi foto yang banyak digunakan peserta aksi sebagai latar belakang untuk berfoto. Spot itu berada di depan sebuah spanduk bertuliskan 'Selamat Datang di Jakarta Raya Reuni Akbar Mujahid 212-2018'.

Spanduk itu juga dilengkapi dengan kalimat 'Dengan Tauhid Kita Menuju Kejayaan NKRI, Bela Tauhid Bela NKRI'.



Spanduk berwarna putih dan hijau tersebut juga terdapat logo bertuliskan Forum Umat Islam Terdepan Jakarta. Pantauan CNNIndonesia.com, beberapa peserta tampak mengantre untuk bergantian foto di depan spanduk tersebut.

Koordinator Lapangan Forum Umat Islam Terdepan Jakarta, Eli Kusmana mengatakan spanduk tersebut awalnya tak disiapkan untuk jadi latar belakang foto para peserta Reuni Aksi 212.

Eli mengatakan spanduk itu hanya disiapkan untuk memeriahkan acara Reuni Aksi 212.

"Nyiapin spanduk ya emang buat aksi ini, tadinya mau dipasang gitu, tapi susah cari tempat buat masangnya," kata Eli di lokasi, Minggu (2/12).


Eli menuturkan awalnya peserta Reuni Aksi 212 tak ada yang berfoto di depan spanduk tersebut. Namun, setelah dirinya dan sejumlah rekan berfoto menggunakan spanduk tersebut, beberapa peserta lainnya mulai ikut berfoto di depan latar belakang spanduk itu.

"Iya, dari tadi banyak, jadi foto pakai spanduk itu, kebanyakan yang dari luar Jakarta, mungkin karena ada tulisan selamat datang di spanduknya," ujar Eli.

Massa Reuni Aksi 212 Antre Foto di Balik Spanduk Bela TauhidSejumlah peserta Reuni Aksi 212 berfoto di depan sebuah spanduk. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Yusuf yang datang dari Bogor untuk mengikuti Reuni Aksi 212 juga ikut berfoto di depan spanduk tersebut. Dia ingin berfoto di spanduk itu hanya sebagai kenang-kenangan.

"Ya, kenang-kenangan pernah ikut aksi ini, terus ada tulisan selamat datang di Jakarta, jadi pas, bagus lah," ujar Yusuf.

Begitupun dengan Nur, perempuan asal Banten ini juga ikut berfoto dengan latar belakang spanduk tersebut.

Nur mengungkapkan awalnya dirinya tak berniat berfoto di depan spanduk tersebut. Namun, kemudian banyak orang yang mulai berfoto di depan spanduk tersebut. Akhirnya dia pun tertarik untuk ikut berfoto.

"Pada ramai foto di situ, terus akhirnya pengen ikutan," katanya.

Reuni Aksi 212 dimulai sejak Minggu dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB. Acara diawali dengan salat tahajud bersama, kemudian dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah dan zikir. Selain itu, ada pula tausiah dari sejumlah ulama.

(dis/pmg)