Wiranto Bahas Evaluasi Pemilu 2019 Bareng Mendagri Hingga BIN

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 15:03 WIB
Wiranto Bahas Evaluasi Pemilu 2019 Bareng Mendagri Hingga BIN Menko Polhukam Wiranto. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi terbatas dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait Pemilu 2019.

Dalam konsolidasi ini, hadir di antaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan.

Tjahjo mengatakan rakortas ini membahas sudah sejauh mana tahapan-tahapan sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019.


"Saya diundang kemari untuk evaluasi tahapan-tahapan sosialisasi Pileg dan Pilpres," ucap Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/12).


Ia mengatakan hasil rakortas tersebut bakal disampaikan ke kepala daerah hingga tingkat desa. Kendati begitu, Tjahjo tidak merinci ihwal apa saja yang dibahas dalam rakortas itu.

"Kami sudah mau menginstruksikan hasil rakor dengan camat, hasil pertemuan dengan kepala daerah apa-apa yang harus dibantu oleh pemda sampai tingkat desa itu," ucap dia.

Sementara Lukman irit bicara terkait rapat tersebut. Dia mengatakan rakortas ini hanya sekadar rapat rutin biasa.

"Rapat rutin saja ya," ucap Lukman sambil terburu-buru menaiki mobil.


Sedangkan Budi Gunawan tak keluar melalui pintu utama Kemenko Polhukam. Dia memilih meninggalkan kantor Wiranto dari pintu samping.

Untuk diketahui Pileg dan Pilpres 2019 akan digelar secara serentak. Masyarakat bisa datang memilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April tahun depan.

Sebelum hari pencoblosan, KPU selaku penyelenggara pemilu sudah mengagendakan kampanye sejak 23 September 2018 lalu dan berakhir pada 13 April 2019. Kampanye sendiri dibagi ke dalam beberapa kategori, di antaranya kampanye tertutup dan kampanye terbuka. (sah/osc)