TKN Jokowi Nilai Prabowo Kampanye Terselubung di Reuni 212

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 23:25 WIB
TKN Jokowi Nilai Prabowo Kampanye Terselubung di Reuni 212 Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Arya Sinulingga. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga mengatakan kehadiran calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Reuni Alumni 212 tak ubahnya kampanye terselubung.

"Saya lihatnya gitu. Itu yah seperti kampanye terselubung saja. Sejak awal kita sudah tahu bahwa itu bakal diarahkan, itu sebenarnya seperti kampanye," kata Arya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (3/12).

Politikus Partai Perindo itu tak yakin apabila kehadiran Ketua Umum Gerindra tersebut sekadar memenuhi undangan tanpa adanya kepentingan politik tertentu di acara tersebut.


Ia melihat bahwa substansi acara reuni tersebut lebih mengarah ke kampanye. Salah satunya, dapat dilihat acara itu dihadiri oleh tokoh-tokoh pengusung pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Bahwa itu isinya apa? Habib Rizieq ngomong apa? Ini seperti kampanye terselubung sejak awal. Yang menggerakkan siapa? Kan timsesnya Pak Prabowo. Tokoh-tokohnya siapa yg datang? Kan tokoh-tokoh di sana," kata dia.


Diketahui, sejumlah petinggi partai politik pengusung Prabowo-Sandiaga menghadiri acara reuni 212. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais turut hadir di acara tersebut.

Melihat hal itu, Arya berpesan bahwa Prabowo tak perlu mengelabuhi aturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ketika menghadiri acara tersebut.

Ia menyarankan agar Prabowo bersikap tegas bahwa acara tersebut merupakan kampanye terbuka untuk meraih simpati masyarakat di Pilpres.

"Bahkan harusnya dari awal share aja, berani aja ngomong bahwa ini kampanye. Jangan berkelit di hukum. Berkelit karena belum bisa kampanye terbuka, tapi ini malah seperti kampanye terbuka," kata dia.


Sebagai informasi, Prabowo Subianto turut menghadiri acara Reuni Alumni 212 di Lapangan Monas, Minggu (2/12). Ia mengucapkan terima kasih kepada massa peserta reuni 212 karena telah diundang.

Prabowo menegaskan ia bangga melihat umat Islam yang hadir di Monas bisa damai dan tertib.

"Saya bangga lihat jutaan umat Islam damai dan tertib. Saya tadi datang dari Kebayoran, lihat keluarga bawa anaknya jalan dengan tertib dan damai," tegas Prabowo. (rzr/osc)