Condong ke Jokowi, PBB Akui Ada Caleg Dukung Prabowo

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 06:25 WIB
Condong ke Jokowi, PBB Akui Ada Caleg Dukung Prabowo Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (kiri) bersama Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Ferry Noer (kanan). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Bulan Bintang (PBB) mengakui ada perbedaan dukungan di internal mereka soal dukungan di Pilpres 2019. Mayoritas disebut mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Namun ada pula yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Ferry Noer menyebut kader yang mendukung Prabowo-Sandi kebanyakan calon nonkader. Misalnya yang berasal dari Alumni 212 atau anggota organisasi kemasyarakatan.

Ferry menyebut nama Novel Bamukmin yang selama ini dikenal sebagai juru bicara Persudaraan Alumni 212 sebagai salah satu caleg PBB yang mendukung Prabowo-Sandi.

"Mereka (pendukung Prabowo) bukan kader partai, cuma numpang nyaleg," kata Ferry kepada CNNIndonesia.com, Rabu (5/12).


Karena itu, PBB menurut dia akan terus mengimbau calegnya yang berbeda dukungan di pilpres untuk sama-sama memenangkan capres yang didukung partai.

Meski begitu Ferry mengakui PBB belum menyatakan dukungan resmi pada Jokowi-Ma'ruf di pilpres. Lembaga pemenangan pemilu PBB sendiri sudah menggelar rapat dan menyatakan PBB akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Rencananya, pengumuman dukungan akan disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional PBB pada awal Januari 2019.

Ferry menyebut saat ini 75 persen PBB mendukung Jokowi. "Yang 25 persen masih harus menunggu suara kader di Rakornas," ujarnya.

Dia menyebut Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra masih merasa perlu mendengar pendapat kader dari dewan pimpinan wilayah di Rakornas nanti.

"Yusril kan bukan tipe pemimpin otoriter," katanya.

Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra awalnya dikenal dekat dengan kubu Prabowo. Namun ia kemudian ditunjuk menjadi pengacara untuk Jokowi-Ma'ruf.

Sejak saat itu, PBB disebut akan menyusul langkah ketua umumnya itu dengan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Apalagi beberapa waktu lalu Yusril dan Jokowi sudah menggelar pertemuan.
(sur/sur)