Curah Hujan Tinggi, Puluhan Rumah di Bangka Terendam Banjir

Antara, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 13:35 WIB
Curah Hujan Tinggi, Puluhan Rumah di Bangka Terendam Banjir Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah rumah warga di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepualauan Bangka Belitung dilaporkan terendam banjir hingga ketinggian 20 hingga 30 centimeter pada Minggu (9/12). Curah hujan tinggi sejak Sabtu (8/12) siang hingga sore disebut menjadi penyebabnya.

Tingginya curah hujan membuat saluran air tak mampu menampung debit air. Akibatnya, air meluap ke rumah warga.

Tedy, salah seorang warga di Sungailiat mengatakan rumah yang berada di daerahnya terendam hingga ketinggian 20 centimeter. Ia juga mengatakan warga sebelumnya telah meminta perbaikan saluran air kepada pemerintah agar tidak terjadi banjir.


"Warga sudah mengusulkan kepemerintah daerah untuk dilakukan perbaikan atau pengerukan saluran air yang selama ini menjadi hambatan aliran air pada saat turun hujan, namun sampai sekarang belum ada realisasinya," ucapnya.

Sementara warga lainnya, Boy Yandra mengatakan ada sekitar 35 rumah terendam banjir dengan ketinggian lebih dari 30 centimeter.

Dilaporkan Antara, banjir juga mengakibatkan jalan utama di dua jalur yang melewati Kota Sungailiat menuju Kota Pangkalpinang tergenang air.

Aparat kepolisian dibantu personel Satpol PP, Tagana, dan Dinas Sosial menggunakan peralatan untuk menyedot air sejak pukul 19.30 WIB hingga 01.00 WIB.

Boy menuturkan hari ini dikabarkan akan ada bantuan dari perusahaan swasta untuk pengerukan pasir atau lumpur di sungai. (evn)