Peran Sudirman Said Bantu Fokus Tim Prabowo Rebut Jawa Tengah

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 20:04 WIB
Peran Sudirman Said Bantu Fokus Tim Prabowo Rebut Jawa Tengah Dahnil Anzar dan Sudirman Said berupaya merebut dominasi petahana di Jawa Tengah.(CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengklaim elektabilitas pasangan nomor urut 02 di Jawa Tengah sudah cukup tinggi.

Berdasarkan survei internal BPN, Dahnil menyebut perolehan suara Prabowo Sandi hanya kalah tipis ketimbang pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Oh itu fokus di Jateng ya memang ada yang beberapa daerah, salah satunya akan menjadi fokus nah memang posko-posko akan diperbanyak akan diperkuat di sana memang berdasarkan survei kita memang Jateng," ujarnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/12).

Dahnil mengklaim perolehan suara Prabow-Sandi melebihi 43 persen, atau lebih banyak dari perolehan suara calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said saat Pemilihan Kepala Daerah 2018.


"Tidak jauh, bahkan lebih tinggi dari suara Sudirman Said tipis sekali jadi karena Jawa Tengah... Itu di atas 43 persen, beda tipis," ucapnya.

Ia optimistis perolehan suara Prabowo-Prabowo-Sandiaga dapat meningkat saat Pilpres 2019 dengan fokus menggarap Jawa Tengah. Selain berkaca pada survei, hal itu juga tercermin dari hasil Pilkada 2018 lalu.

"Yang jelas anda perhatikan Pilkada Jateng itu miniatur, bagaimana Pak Sudirman Said yang awalnya dikatakan hanya 17 persen bisa jadi 43 persen. Karena sekarang ada efek Prabowonya dan saya pikir akan lebih tinggi dari angka statistik, itu bisa 50 persen, dan kami yakin," ucapnya.

Sandiaga sebelumnya memastikan akan lebih fokus berkampanye di kawasan Jawa Tengah selama sisa masa kampanye yang tinggal 120 hari itu.

Alasannya, kata Sandi, wilayah Jawa Tengah memiliki hampir 35 juta jiwa penduduk yang memiliki hak suara di Pilpres 2019 mendatang.

"Ini betul, akan kami pusatkan (kampanye) di Jawa Tengah jumlah penduduknya fantastis," kata Sandi melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (9/12).
(sah/gil)