Transjakarta Akan Laporkan Oknum Jakmania Pelaku Vandalisme

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 23:40 WIB
Transjakarta Akan Laporkan Oknum Jakmania Pelaku Vandalisme Salah satu suasana pawai kemenangan suporter Persija di Bundaran HI, Jakarta, 9 Desember 2018. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018 disambut antusias suporter setianya, Jakmania, Minggu (9/12). Namun, akibat euforia tersebut ada segelintir oknum yang merayakannya seraya melakukan vandalisme ke fasilitas umum.

Satu di antaranya adalah menyasar bus Transjakarta yang melintas dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Blok M.

"Bus Transjakarta dengan no bus MYS-17078 dicoret oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan tulisan: JKT DAY," ujar Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono dalam keterangan yang diterima wartawan malam ini.



Atas ulah vandalisme tersebut, Agung mengaku menyesalinya. Menurut dia kebahagiaan Persija menjadi juara sebaiknya tak dirayakan pendukungnya dengan melakukan vandalisme terutama ke fasilitas umum yang seharusnya dijaga dan milik bersama.

"Transjakarta akan melaporkan ke pihak berwajib atas tindakan vandalisme tersebut. Keterangan saksi maupun rekaman kamera akan menjadi laporan agar pelaku diberikan sanksi tegas," tegas Agung.

Transjakarta Akan Laporkan Oknum Jakmania Pelaku VandalismeBus Transjakarta dengan nomor kendaraan, MYS-17078 dicoret oknum tak bertanggung jawab dengan tulisan 'JKT DAY', Minggu (9/12). (Dok. Istimewa)

Persija Jakarta resmi menjadi juara Liga 1 2018 setelah mengalahkan tim tamu, Mitra Kukar dengan skor 2-1 dalam pertandingan kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dua gol Persija dicetak penyerang asal Kroasia, Marko Simic, dari titik putih pada babak pertama, dan sundulan pada babak kedua.

Sementara itu, tim tamu memperkecil ketinggalan lewat tembakan jarak jauh Aldino Herdianto pada menit ke-86.

Atas keberhasilan tersebut, selain di SUGBK, para Jakmania yang tersebar di seantero Jakarta pun melakukan pawai dan bersorak-sorai. Termasuk pula di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Perayaan yang paling mencolok dari euforia kemenangan Persija di kawasan ini adalah sejumlah pemuda yang berenang di kolam Bunderan HI. Seakan tak peduli, mereka melompat, berenang, dan berfoto-foto dengan latar gedung-gedung besar yang menjulang.

"Kapan lagi berenang di sini," kata Cahyo (18) sambil tertawa lepas merayakan keberhasilan Persija.

(dhf/kid)