Ulama NU Bekasi Tegaskan Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf

CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 08:46 WIB
Ulama NU Bekasi Tegaskan Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menerima dukungan ulama NU Bekasi, Jakarta, Senin (10/12). (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ulama dan kiai yang tergabung dalam keluarga besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Sekitar 25 ulama NU yang dipimpin Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Bekasi Kurnali Sobandi mendeklarasikan dukungan itu di kediaman Ma'ruf.

Terpantau, puluhan ulama itu telah hadir sekitar pukul 04.45 WIB di kediaman Ma'ruf di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/12). Mereka kompak menggunakan baju koko berwarna putih lengkap dengan sarung dan peci.


Sebelum deklarasi, puluhan ulama itu melaksanakan salat subuh berjemaah dan mendengarkan tausyiah kebangsaan dari Ma'ruf.

"Kami menyatakan mendukung penuh terhadap calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 atas nama Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin. Dengan ini kami nyatakan dukungan penuh NKRI Harga Mati. Jokowi-Ma'ruf pilihan kami," kata Kurniali.

Para ulama itu juga menegaskan mendukung Deklarasi Situbondo 12. Ada lima poin utama deklarasi yang disampaikan para ulama itu.

Pertama, para ulama dan kiai NU Kabupaten Bekasi berkhidmat menjaga NKRI dari potensi ancaman laten baik dari dalam maupun luar. Lalu, para ulama akan berpartisipasi aktif mengamankan pemilu 2019 yang jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ketiga, para ulama berperan aktif memelihara kebinekaan di masyarakat yang berpijak pada semangat ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhwah basyariah.

Selain itu, mereka turut mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berintegritas dan berakhlak demi masa depan bangsa Indonesia.

"Dan kami menyatakan dukungan total kepada pasangan capres cawapres nomor urut 01 atas nama Joko Wododo dan Prof. Dr Abuya KH Ma'ruf Amin dan mengajak seluruh elemen masyarakat memilih pasangan terbaik, yakni sinergi antar umaro dan ulama pada hari pencoblosan," kata dia.

Ma'ruf mengucapkan terima kasih terhadap dukungan PCNU Kabupaten Bekasi tersebut.

Ia turut mengimbau agar para simpatisannya menggunakan cara-cara santun ketimbang cara negatif dalam memberikan dukungan di Pilpres 2019.

"Tetap gunakan cara-cara yang santun, yang baik dan beradab. Tak boleh ada hoaks tak boleh ada fitnah, ujaran kebencian, dan jangan sampai ada hujatan-hujatan," kata dia.
(rzr/wis)