JK Persilakan Masyarakat Ribut di Dunia Maya Jelang Pemilu

CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 16:20 WIB
JK Persilakan Masyarakat Ribut di Dunia Maya Jelang Pemilu Wapres Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mempersilakan masyarakat berkelahi di dunia maya jelang Pemilu 2019. Berkelahi di dunia maya dinilai JK lebih baik ketimbang berkelahi betulan di kehidupan sehari-hari.

"Ribut di dunia maya silakan, cerca macam-macam, saling kritik. Tapi ribut fisik kita bersyukur tidak terjadi," ujar JK saat memberikan sambutan dalam acara koordinasi nasional Bawaslu di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin (10/12).

JK mengatakan, pelaksanaan pemilu di Indonesia termasuk paling aman dibandingkan pemilu yang diselenggaran di negara-negara Asia lain.



Ia menceritakan pengalamannya saat menjadi pengawas pelaksanaan pemilu di Azerbaijan pada tahun 2013. Saat itu pemilu berjalan dengan aman dan lancar tanpa keributan.

Namun saat rapat evaluasi, ketua delegasi dari Palestina menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu itu berjalan dengan membosankan. Perwakilan dari Palestina itu berkelakar pelaksanaan pemilu di Azerbaijan tak seperti di negaranya yang penuh dengan bom dan tembakan.

"Di kita alhamdulillah tidak ada satu pun orang yang cedera," ucapnya.


JK meyakini pelaksanaan pemilu tahun depan akan berjalan dengan lancar. Untuk itu, perlu pengawasan dari Bawaslu selaku lembaga yang berwenang untuk mewujudkan pemilu yang aman dan lancar.

"Anda punya etika, begitu masuk Bawaslu untuk independen dan mengawasi yang yg salah. Begitu pemilu berhasil maka salah satu Anda juga yang berhasil," katanya. (psp/osc)