TKN Sebut PBB Bakal Rapatkan Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf

CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 07:07 WIB
TKN Sebut PBB Bakal Rapatkan Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan hal ini sebagai tindak lanjut Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra yang telah memberikan sinyal mendukung Jokowi-Ma'ruf. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengklaim beberapa tokoh Partai Bulan Bintang (PBB) akan melakukan konsolidasi untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

Menurut Hasto, hal itu merupakan tindak lanjut Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra yang terlebih dulu memberikan sinyal untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf beberapa waktu lalu.

"Saya bertemu dengan beberapa tokoh dari PBB pada saat acara Bawaslu, mereka juga menyatakan siap untuk melakukan konsolidasi, memberikan dukungan pada Pak Jokowi-Ma'ruf," kata Hasto saat ditemui di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (10/12).



Hingga kini PBB sendiri belum mengambil sikap untuk mendukung kandidat tertentu di Pilpres 2019. PBB bakal menentukan sikap melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang digelar pada Januari 2019.

Hasto menyampaikan banyak caleg dari koalisi parpol pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang turut mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Ia mengatakan Jokowi dan Ma'ruf memiliki daya tarik bagi para caleg tersebut karena berbagai faktor. Salah satunya adalah rekam jejak dan memiliki kinerja yang baik.

"Maka ini berdampak pada elektoral caleg dari partai-partai tersebut," katanya.


Melihat hal itu, Hasto mengatakan TKN bakal membuka pintu dan memfasilitasi berbagai caleg di luar Koalisi Indonesia Kerja yang ingin mendukung Jokowi-Ma'ruf di pilpres.

Sebaliknya, TKN bakal memberikan dukungan bagi para caleg parpol tersebut agar keterpilihan di dapilnya makin terbuka lebar sebagai timbal balik mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kita juga berikan dukungan, dorongan-dorongan, koordinasi, supporting kepada mereka sehingga keterpilihan sebagai anggota legislatif itu juga dapat semakin kuat," katanya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Ferry Noer mengatakan partainya hampir pasti mendukung pasangan nomor urut 01 itu di Pilpres mendatang. Lembaga pemenangan pemilu PBB menurutnya sudah memutuskan hal ini dan akan mengumumkannya saat Rakornas nanti.

Momen Rakornas akan diambil untuk pengumuman dukungan karena DPP PBB perlu mendengar aspirasi semua kader dari daerah.

Meski begitu Ferry mengaku ada caleg dari PBB yang enggan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Namun jumlahnya tidak signifikan dan bukan kader PBB karena hanya menumpang untuk menjadi calon legislatif.
(rzr/pmg)