JK Wakili Jokowi Hadiri Peringatan Hari HAM di Komnas HAM

CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 14:02 WIB
JK Wakili Jokowi Hadiri Peringatan Hari HAM di Komnas HAM Wapres Jusuf Kalla, di Belgia, 18 Oktober. (REUTERS/Piroschka van de Wouw)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) internasional 2018 di kantor Komnas HAM, Jakarta, pada Selasa (11/12) siang. Ia tiba di gedung Komnas HAM sekitar pukul 13.30 WIB. Kedatangannya kali ini adalah untuk mewakili Presiden Joko Widodo yang batal hadir.

Jokowi sebelumnya dijadwalkan hadir tepat pukul 13.30 WIB dan akan memberi sambutan. Namun mendadak kehadirannya digantikan oleh JK. Selain Wapres, hadir pula Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

JK sendiri mestinya menghadiri peringatan Hari HAM internasional di Kementerian Hukum dan HAM. Namun karena mewakili Jokowi, ia pun urung menghadiri acara tersebut.


Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara sebelumnya mengaku belum tahu alasan pasti Jokowi urung hadir ke gedung Komnas HAM. Dari agenda presiden hari ini, Jokowi hanya dijadwalkan melakukan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran 2019 dan bertemu perwakilan seniman pada sore nanti.

Pihak Komnas HAM menyebut akan secara langsung memberikan rekomendasi kepada Jokowi terkait penyelesaiannya kasus HAM berat yang berkaitan dengan intoleransi dan isu lainnya.

(pris/arh)