TNI Cari Tahu Sosok Panglima PU, Pimpinan KKB di Papua

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 17:59 WIB
TNI Cari Tahu Sosok Panglima PU, Pimpinan KKB di Papua Prajurit TNI dan Polri mengusung peti jenazah korban KKB di Bandara Moses Kilangin Timika, Mimika, Papua, Jumat (7/12/2018). (ANTARA FOTO/Jeremias Rahadat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi mengaku sedang mencari tahu sosok Panglima Komando Daerah Pertahanan (Kodap) III Ndugama berinisial PU yang diduga sebagai pimpinan tertinggi penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas pekerja PT Istaka Karya di Nduga, Papua.

Ia mengatakan bahwa jajarannya belum mengetahui tentang sosok yang disebut-sebut pihak kepolisiam sebagai pemimpin kelompok Egianus Kogoya tersebut.
"Saya malah belum dengar itu. Enggak tahu kalau dari pihak kepolisian itu, saya sedang cari data itu [inisial PU], karena saya belum punya itu," kata Aidi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (13/12).

Selama ini, nama Egianus diduga sebagai sosok yang disebut otak penembakan KKB atas pekerja PT Istaka Karya di Nduga.


Aidi meyakini TNI hanya mengetahui sosok Egianus Kogoya sebagai dalang peristiwa penembakan di Nduga dan belum mendapatkan informasi apapun seputar sosok PU.

"Kalau di Nduga ini ya [pelakunya] Egianus Kogoya, nah kalau inisial itu [PU] saya belum monitor. Kita belum bisa identifikasi karena kita belum monitor," kata Aidi.

Aidi menerangkan bahwa KKB memiliki kekuatan dan basisnya tersendiri di tiap-tiap daerah di Papua.  
Guna melindungi wilayah dari gangguan militer Indonesia, kata dia, KKB turut mendirikan komando teritorial di tiap-tiap wilayah yang dinamakan Komando Pertahanan (Kodap).

"Yang jelas mereka-mereka ini ada berbagai kelompok, apakah mereka punya link (jaringan) di antara mereka, yang jelas tiap daerah punya namanya Kodak, Komando Daerah Pertahanan," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menerangkan Egianus merupakan salah satu anak buah PU untuk yang ditunjuk sebagai pemimpin untuk wilayah Mugi dan Alguru.

Selain Egianus, PU juga memiliki tujuh anak buah lagi yang ia tugaskan untuk memimpin sejumlah wilayah berbeda.

Mereka adalah PL dan OW di wilayah Mapenduma dan Kenyam; RL di wilayah Mbua, Habema, dan Ilkema; A di wilayah Paro dan Nduga; NT di wilayah Habema dan Ilkema; BT di wilayah Nduga; serta GT di wilayah Kali Dumit dan Kali Min.
Pada 2 Desember 2018 terjadi aksi penembakan oleh KKB terhadap pekerja proyek Istaka Karya. Penembakan tersebut terjadi di Kali Yigi dan Kali Aura Distrik Yigi Kabupaten Nduga. 

Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan pihaknya telah memastikan 17 korban tewas kasus penembakan di jembatan di jalur Trans Papua di Kabupaten Nduga, Papua yang dilakukan KKB merupakan pekerja PT Istaka Karya.



(rzr/dea)