Alumni UI dan Buruh Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf di Januari

CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 02:40 WIB
Alumni UI dan Buruh Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf di Januari Sejumlah alumni UI dukung Jokowi-Ma'ruf di pilpres 2019. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah orang yang tergabung dalam Alumni Universitas Indonesia (UI) akan menggelar deklarasi dukungan terhadap calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada 12 Januari 2019 di Plaza Selatan dan Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Ketua Gerakan Alumni UI Untuk Jokowi-Amin, Fajar Soeharto mengatakan acara deklarasi dari para alumni itu sebagai inisiatif individu.

"Kami dimulai dari inisiatif individu dari alumni UI, kurang lebih jumlah 350 ribu. Memilih untuk mendukung Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin," ujarnya saat konferensi pers di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (18/12).


Fajar mengatakan alasan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf karena telah melihat rekam jejak dari kedua orang tersebut. Para alumni mengklaim Jokowi telah terbukti nyata dalam membangun Indonesia selama memimpin jadi presiden.

Setidaknya, Fajar menargetkan sebanyak lima ribu alumni akan hadir di acara deklarasi tersebut. Dia juga berharap Jokowi dapat hadir di tengah acara deklarasi tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Gerakan Alumni UI Toto Sugito mengungkapkan alasan deklarasi dilakukan agar masyarakat luas mengetahui soal dukungan tersebut.

"Kita ingin acara itu benar-benar singkat padat insyaallah viral," tuturnya.

Adapun Event Director deklarasi Jay Subyakto mengatakan acara tersebut akan dipandu oleh Addie MS dan pembacaan deklarasi oleh Tompi. Panggung juga akan dibentuk '360' yang artinya berada di tengah-tengah pengunjung. Lagu-lagu nasional akan didendangkan di acara tersebut.

"Siapapun yang berdiri di sana bisa dilihat oleh semua massa yang mengelilingi panggung tersebut. Setelah deklarasi kita bisa keliling melihat ke sana, bukan hanya alumni UI, simpatisan juga," tuturnya.

Sejumlah alumni UI dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di pilpres 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jutaan Buruh Diklaim Dukung Jokowi-Ma'ruf

Senada dengan sejumlah alumni UI itu, para buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) berencana mengarahkan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Ketua SBSI Muchtar Pakpahan mengatakan dukungan itu bakal dideklarasikan dalam musyawarah nasional di Jakarta pada 15-17 Januari 2019.

"Kami yang hadir di munas 331, tapi massa kami ada 1,78 juta di seluruh Indonesia. Saya kira suara yang bisa diberikan, biasanya dihitung satu buruh tiga suara. Sekitar 5-6 jutalah yang kami berikan," ucap Muchtar saat mengunjungi kediaman Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Selasa (18/12).

Muchtar mengatakan pada Pilpres 2014, SBSI juga mengerahkan jutaan anggotanya untuk memenangkan Jokowi-JK.

Muchtar menyampaikan maksud kedatangan ke kediaman Ma'ruf untuk mengundang kehadiran Jokowi-Ma'ruf dalam Munas 2019. SBSI juga akan mengundang pasangan Prabowo-Sandi.

"Undangan juga kami sampaikan ke 02. Dulu juga kami lakukan hal yang sama, tapi hanya satu capres yang datang. Sehingga dukungan jatuh ke Jokowi-JK," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Ma'ruf berterima kasih atas niatan SBSI. Ia juga memastikan akan menyampaikan pesan ke Jokowi untuk menghadiri acara tersebut.

"Mudah-mudahan pilihannya tidak berubah, yang berubah wakilnya saja. Presidennya tetap Pak Jokowi. Wakilnya kalau dulu Pak JK sekarang Saya," canda Ma'ruf kepada jajaran SBSI.

(gst/DAL)