Bela Prabowo, HNW Sebut Tak Ada Maksud Sebut Indonesia Punah

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 17:15 WIB
Bela Prabowo, HNW Sebut Tak Ada Maksud Sebut Indonesia Punah Hidayat Nur Wahid menilai ada pemahaman yang tak utuh menanggapi pernyataan Indonesia akan punah oleh Prabowo. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bermaksud menyatakan Indonesia akan punah jika kalah dalam Pilpres 2019. (HNW) justru menilai ada pernyataan Prabowo yang tak dipahami secara utuh.

"Yang pasti beliau [Prabowo] tidak pernah menginginkan Indonesia punah. Beliau pasti menginginkan bahwa demokrasi menghadirkan beragam kondisi yang berbeda-beda. Saya tidak yakin bahwa beliau bermaksud mengatakan kalau beliau kalah Indonesia punah," kata Hidayat di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (18/12).

Selain itu, HNW menduga pernyataan Prabowo merupakan bentuk kritik terhadap sistem dan kondisi yang tengah berjalan di Indonesia, termasuk saat ini menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.




"Jadi perlu dibaca secara keseluruhan. Karena kalau itu logikanya, yah pastilah beliau tidak berpendapat begitu," ujarnya.

Bela Prabowo, HNW Sebut Tak Ada Maksud Sebut Indonesia PunahPrabowo Subianto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Wakil Ketua MPR ini menilai Prabowo akan menerima apapun hasil Pilpres 2019 selama berjalan sesuai dengan mekanisme. "Saya yakin sebagai demokrat beliau akan menerima. Apapun hasil dari pemilu yang dilakukan dengan cara aman, tertib, damai, luber," katanya.

Kritik atas pidato Prabowo disampaikan kubu Jokowi. Juru Bicara Tim Koalisi Nasional (TKN) TB Ace Hasan Syadzily menilai Prabowo tak layak menjadi presiden karena selalu menyampaikan hal-hal negatif.

"Rakyat semakin yakin bahwa memang tidak selayaknya Pak Prabowo menjadi Presiden Republik Indonesia," ujar Ace dalam pesan singkat, Selasa.

Ace menuturkan pernyataan Prabowo bahwa Indonesia akan punah bertentangan dengan cita-cita para pendiri bangsa. Ia berkata para pendiri bangsa berharap negara menjadi sarana untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menciptakan keadilan sosial.



"Pak Jokowi dalam empat tahun ini telah mengarahkan kepemimpinannya ke arah itu," ujarnya.

Sementara itu, Ace justru menilai Prabowo membuat Indonesia tidak akan maju dan tegak karena selalu menyampaikan narasi pesimistis.

Bela Prabowo, HNW Sebut Tak Ada Maksud Sebut Indonesia PunahJuru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)


"Pak Prabowo selalu menyampaikan pernyataan yang justru membuat negara ini tidak akan maju dan tegak, jika yang disampaikan dirinya adalah narasi-narasi pesimisme," ujar Ace.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengatakan dirinya harus keluar sebagai pemenang dalam Pilpres 2019. Jika tidak, maka negara Indonesia bisa punah.

Dalam Konferensi Nasional Partai Gerindra kemarin, Prabowo menyatakan Indonesia akan punah jika koalisinya tak mampu memenangkan pemilu 2019. Maka dari itu, Prabowo meminta agar pemilu 2019, koalisinya tidak boleh kalah.



"Kita tidak bisa kalah. Kita tidak boleh kalah. Kalau kita kalah negara ini bisa punah," kata Prabowo saat menyampaikan pidato di acara Konfernas Partai Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).

Kepunahan ini bisa terjadi, kata dia, sebab sudah semakin dan terlalu lama para elite berkuasa dengan langkah dan cara yang keliru. Menurut dia, kondisi ini telah menyebabkan tingginya ketimpangan sosial di Indonesia. (swo/ain)