FOTO: Aktivis Papua Peringati 57 Tahun Trikora

Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 16:39 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah aktivis Papua melakukan aksi di Monas, menuju Mabes TNI AD, lalu ke Komnas HAM sebagai bagian dari peringatan 57 tahun operasi Trikora.

Aliansi Mahasiswa Papua, Front Rakyat Indonesia untuk West Papua berunjuk rasa di kawasan Monas, Jakarta, Rabu, (19/12). Mereka menuntut penghentian pembantaian rakyat sipil di Nduga, tarik TNI-Polri dari seluruh tanah Papua, dan meminta hak penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Aktivis Papua itu semula melakukan aksi di depan Monas dan bermaksud melanjutkan di depan Mabes TNI AD. Namun, menuju tempat kedua mereka diadang aparat gabungan TNI-Polri sehingga massa mengalihkan tujuan mereka untuk melakukan aksi di depan kantor Komnas HAM. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Trikora yang diperingati massa aktivis Papua itu adalah operasi militer yang dilakukan pada era Kepresidenan Soekarno untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Operasi Trikora yang diperingati massa aktivis Papua itu merujuk pada kegiatan militer di bawah Komando Mandala yang dipimpin Mayjen Soeharto (kemudian menjadi Presiden kedua RI). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dalam aksi memperingati Trikora, massa aktivis Papua menuntut penghentian pembantaian rakyat sipil di Nduga, tarik TNI-Polri dari seluruh tanah Papua, dan meminta hak penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Operasi Trikora yang diperingati massa aktivis Papua itu adalah operasi militer pada era kepresidenan Soekarno selama hampir dua tahun untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan wilayah Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Aksi massa aktivis Papua yang dilanjutkan di depan kantor Komnas HAM pun dilakukan diluar. Pasalnya, pagar kantor komisi tersebut ditutupi ketika massa datang sekitar pukul 13.00 WIB. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Massa menuding selama ini militer Indonesia melakukan pembunuhan warga sipil di Papua atas nama Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Mereka menuntut penghentian pembantaian rakyat sipil di Nduga, tarik TNI-Polri dari seluruh tanah Papua, dan meminta hak penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Operasi Trikora yang diperingati massa aktivis Papua di Jakarta hari ini terjadi pada masa kepresidenan Soekarno untuk menjadikan Papua wilayah barat sebagai bagian dari wilayah Indonesia. Akhirnya Papua (dinamakan Irian) menjadi bagian dari Indonesia setelah proses Pepera pada 1969. (CNNIndonesia/Safir Makki)