Jembatan Darurat Ambruk, Akses ke Nias Selatan Putus Total

ANTARA, CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 09:34 WIB
Jembatan Darurat Ambruk, Akses ke Nias Selatan Putus Total Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Akses jalan dari Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias menuju Desa Hiliweto di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara putus total dan tidak dapat dilalui kendaraan. Akses ini terputus akibat jembatan darurat penghubung yang ambruk ketika sebuah truk pengangkut beton untuk pembangunan jembatan melintas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis mengatakan kejadian pada pukul 10.30 WIB itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Jembatan darurat ambruk ketika sebuah truk yang mengangkut beton untuk pembangunan jembatan di Nias Selatan melintas di atasnya," ujar Riadil, Rabu (19/12) malam, dikutip Antara.


Riadil menjelaskan truk pengangkut beton itu juga ikut jatuh ke sungai bersamaan dengan ambruknya jembatan. Namun sopir mengalami luka-luka ringan.

Kejadian ini juga sempat mengakibatkan antrean kendaraan yang hendak lewat tidak bisa dihindarkan.

"Panjang antrean mencapai lebih kurang satu kilometer," ujar mantan Kepala Bappeda Sumut itu.

Riadil menambahkan, petugas BPBD Nias, Dinas PU, dan instansi terkait lainnya telah turun ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan. Termasuk mengupayakan evakuasi terhadap truk yang jatuh ke sungai.

(osc)