Ibu Rafael dan Cinta Kasih di Panti Jompo

Artho Viando & Artho Viando, CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 19:12 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Dwi Djahnaning Widyanti, akrab disapa Ibu Rafael, adalah ibu rumah tangga yang menyempatkan dirinya menjadi pengurus dan pelayan sukarela di Panti Werdha Karya Kasih, Jakarta.

Dia sudah bekerja di panti selama 8 tahun, dan baginya bekerja seperti ini merupakan wujud terima kasih kepada Tuhan yang sudah memberikan 'kesempatan kedua' untuknya.

Di panti ini Ibu Rafael merasa bisa menjadi orang yang berperan untuk menjaga oma-oma yang mayoritas tidak lagi memiliki keluarga, atau yang tidak dirawat oleh anak dan cucu mereka karena terlalu sibuk.

Panti Werdha Karya Kasih adalah panti jompo para oma yang hanya bisa menampung 30 orang saja. Di panti ini ada aturan, yakni keluarga berkewajiban untuk membawa oma mereka pulang ke rumah selama dua hari dalam sebulan. Tujuannya, agar ingatan merekadengan keluarga tidak hilang.

Namun disayangkan, ada beberapa keluarga yang tidak mau atau tidak sempat untuk melakukan hal itu dengan berbagai alasan.

Di hari spesial seperti Hari Ibu dan Hari Natal, Ibu Rafael selalu mengingatkan para keluarga untuk memberikan bingkisan atau kado kepada para oma agar mereka masih merasa diperhatikan oleh keluarganya sendiri.