SBY Disebut Jadi Mentor Prabowo di Debat Pilpres 2019

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 17:07 WIB
SBY Disebut Jadi Mentor Prabowo di Debat Pilpres 2019 Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dok. Abror Rizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut menjadi salah satu mentor calon presiden Prabowo Subianto dalam debat Pilpres 2019 yang akan digelar pada Januari.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat ditanya peluang SBY menjadi mentor Prabowo.

"Saya kira bisa saja (SBY jadi mentor Prabowo). Pasti dari pimpinan-pimpinan partai politik itu akan dimintai masukan, pandangan, nasihat-nasihatnya supaya di dalam debat tampil secara prima, baik dari sisi substansi maupun dari sisi teknis," kata Fadli di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (20/12).


Namun, Fadli mengaku belum mengetahui rencana Prabowo berkunjung ke rumah SBY bersama Koalisi Indonesia Adil Makmur. Akan tetapi, pertemuan itu akan direncanakan dalam waktu dekat menjelang kegiatan debat.

Untuk debat, kata Fadli, saat ini Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tengah menginventarisasi janji-janji politik pemerintahan Joko Widodo.

"Mana yang terealisasi, mana yang tidak, mana yang kontradiksi. Saya kira terlalu mudah untuk meng-counter segala sesuatunya," kata dia.

Sementara itu, anggota Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya telah menyiapkan tim khusus untuk menghadapi debat. Namun, dia enggan mengungkapkannya.

"Itu rahasia dapur kita ya. Pokoknya ada tim yang disiapkan sejak lama, yang selama ini sudah kerja merumuskan," kata Riza terpisah.
SBY Disebut Jadi Mentor Prabowo di Debat Pilpres 2019Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya mengumumkan penyelenggaraan debat perdana Pilpres 2019 akan digelar pada 17 Januari. Tema debat perdana ini berkaitan dengan isu hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Debat ini akan diikuti oleh pasangan capres-cawapres peserta pemilu, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

(swo)