Sepekan Perusakan Polsek Ciracas, Kapolres Jaktim Dimutasi

CNN Indonesia | Jumat, 21/12/2018 21:10 WIB
Kombes Pol Yoyon Tony Surya Saputra dimutasi dari jabatan Kapolres Jaktim menjadi Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda DIY. Komisaris Besar Yoyon Tony Surya Putra dimutasi dari jabatan Kapolres Jaktim jadi Direktur Reserse Krimsus Polda DIY. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur (Kapolres Jaktim) Komisaris Besar Yoyon Tony Surya Saputra dimutasi dari jabatannya sepekan setelah insiden perusakan dan pembakaran Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Ciracas.

Ia dimutasi ke jabatan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, jabatan yang ditinggalkan Yoyon akan diisi Kombes Ady Wibowo yang kini tengah menjabat Kepala Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara Polda Metro Jaya.



Mutasi ini merupakan keputusan Kapolri bernomor KEP/1975/XII/2018 tertanggal 21 Desember 2018 yang diedarkan lewat Surat Telegram bernomor ST/3185/XII/KEP./2018 yang salinannya diterima wartawan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo membenarkan perihal mutasi ini. Menurutnya, mutasi ini merupakan hal yang biasa dalam upaya penyegaran di tubuh Polri dan tidak terkait dengan insiden perusakan dan pembakaran Mapolsek Ciracas.

Bahkan, menurutnya, mutasi Yoyon ke Ditreskrimsus Polda DIY merupakan promosi karena menduduki jabatan direktur di satuan kepolisian wilayah tingkat daerah bertipe A

"Enggak terkait itu (perusakan dan pembakaran Mapolsek Ciracas). Mutasi hal yang biasa dalam rangka tour of arena. Kapolres Jaktim, mendapat promosi sebagai direktur di Polda Tipe A," kata Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/12).

Sebelumnya, Mapolsek Ciracas digeruduk ratusan orang sejak Selasa (11/12) malam hingga Rabu (12/12) dini hari. Massa mencari pelaku penyerangan terhadap anggota TNI di Cibubur beberapa waktu sebelumnya.

Massa yang berkumpul sejak pukul 20.00 WIB, mulai panas jelang tengah malam. Mereka tak menemukan orang yang dicari. Akhirnya massa melakukan pengerusakan dan pembakaran.

Kericuhan mereda usai kedatangan Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis. Lalu massa membubarkan diri pada Jumat (12/12) sekitar pukul 03.00 WIB.

(mts/kid)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK