Jasa Marga Gratiskan Tujuh Tol Saat Libur Natal-Tahun Baru

CNN Indonesia | Senin, 24/12/2018 14:28 WIB
Jasa Marga Gratiskan Tujuh Tol Saat Libur Natal-Tahun Baru Jembatan Kalikuto, Kendal, Jawa Tengah, merupakan salah satu bagian dari tol Trans Jawa. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga (Persero) menggratiskan tujuh ruas jalan tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa saat arus mudik Natal hingga Tahun Baru 2019.

Dikutip dari akun Twitter resmi Jasa Marga, tujuh ruas yang digratiskan terdiri dari segmen Pemalang IC-Pasekaran yang merupakan bagian dari tol Pemalang-Batang, tol Batang Semarang, dan segmen Salatiga-Kartasura yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo.


Selain itu, terdapat pula segmen Wilangan-Kertosono yang merupakan baian dari Tol Ngawi-Kertosono, segmen Bandar-Mojokerto yang merupakan bagian dari Tol Kertosono-Mojokerto, segmen Kertosono-Bandar bagian dari tol Kertosono-Mojokerto, dan segmen Pasuruan-Grati yang merupakan bagian dari tol Gempol-Pasuruan.



Jasa Marga kemudian juga memberikan daftar simulasi tarif tol Trans Jawa. Adapun, tarif tol antara Jakarta-Semarang kena banderol Rp226.000. Sementara itu, tarif Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Pasuruan dikenakan masing-masing Rp483.500 dan Rp512.000.

Sementara itu, tarif tol antara Merak-Semarang dikenakan tarif Rp289.000, sementara tarif Merak-Surabaya dan Merak-Pasuruan masing-masing tercatat Rp546.500 dan Rp575.000.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah meresmikan tujuh ruas Tol Trans Jawa yang digratiskan tersebut pada pekan lalu. Total panjang ketujuh ruas tersebut tercatat 201 kilometer (km).


Penggratisan ruas tol tersebut sebelumnya juga telah diajukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan alasan mempermudah arus mudik di Tol Trans Jawa. "Namun tarif nol rupiah tentu harus menunggu persetujuan Bapak Presiden," terangnya.

Panjang tol Trans Jawa sendiri sudah tersambung sepanjang 950 km yang membentang dari Merak menuju Grati. Dengan rencana total panjang 1.150 km, artinya masih ada 200 km tol lagi yang perlu diselesaikan.



(arh)