Kapolri: Belum Ada Laporan Insiden Malam Natal

CNN Indonesia | Senin, 24/12/2018 23:20 WIB
Kapolri: Belum Ada Laporan Insiden Malam Natal Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut hingga kini belum mendapatkan laporan tentang adanya insiden-insiden berkaitan dengan perayaan ibadah Natal. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan pihak kepolisian hingga saat ini belum mendapat laporan gangguan keamanan dalam pelaksanaan ibadah misa malam Natal di seluruh Indonesia. Pelaksanaan ibadah misa malam Natal disebut masih terpantau aman.

Hal itu disampaikan Tito usai meninjau pengamanan dan pelaksanaan misa malam Natal bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di GPIB Paulus, GRII Kemayoran dan Gereja Katedral, Jakarta, Senin (24/12) malam.

"Sampai dengan jam ini, kami belum mendapatkan laporan tentang adanya insiden-insiden berkaitan dengan perayaan ibadah Natal, baik yang sudah berlangsung dua minggu, tiga minggu sebelumnya, ada misa-misa yang dilakukan semua berjalan aman dan lancar," kata Tito.



Kepolisian dan TNI, menurut dia, akan terus memastikan pengamanan perayaan ibadah Natal hingga tahun baru bersama organisasi masyarakat, seperti pemuda gereja hingga Banser. Hal ini, kata dia, merupakan bentuk kehadiran negara dalam menjamin keamanan warganya dalam beribadah.

Dalam sambutan saat meninjau ketiga gereja tersebut, Tito juga menyatakan tidak ada tindakan penyisiran atau aksi sweeping dari kelompok tertentu sampai pelaksanaan ibadah misa malam Natal.

Di misa Natal GRII Kemayoran yang dipimpin Pendeta Stephen Tong, Tito sempat mengungkit peristiwa sweeping yang terjadi di Bandung dua tahun silam. Saat itu diketahui kebaktian yang diisi Pendeta Stephen Tong di Gedung Sabuga dibubarkan salah satu kelompok masyarakat.


Setelah aksi sweeping itu, Tito mengatakan pada 2017 tidak terjadi kembali peristiwa yang sama. Hal tersebut, dia pastikan dengan meninjau GRII Kemayoran bersama Panglima TNI saat itu Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

"Puji Tuhan 2017 berlangsung aman, lancar seperti jalan tol sekarang. Dan malam ini sengaja juga kita datang tadi dari Menteng untuk meyakinkan lagi keamanan misa Natal yang salah satu terbesar di Jakarta, di tempat ini," katanya.

Di sisi lain, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan sejauh ini kondisi pelaksanaan misa Natal di gereja-gereja di seluruh Indonesia berlangsung aman.

"Sehingga kita yakin pelaksanaan Natal 2018 bisa berjalan aman dan damai sehingga umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan baik dan merasa semuanya dalam keadaan aman damai," kata Hadi. (swo/agi)