Tsunami Banten, 6 Desa di Pandeglang Belum Tersentuh Bantuan

CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 14:13 WIB
Tsunami Banten, 6 Desa di Pandeglang Belum Tersentuh Bantuan Kampung nelayan Teluk Labuan, Pandeglang, Banten, porak poranda usai diterjang gelombang tsunami. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan saat ini ada enam desa terdampak tsunami di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, yang belum tersentuh bantuan.

"Enam desa belum tersentuh, masih memerlukan bantuan," kata Sutopo saat jumpa pers di kantornya, Selasa (25/12).
Namun, Sutopo meyakini pemerintah pusat telah mengirimkan personel untuk melakukan penanganan pascabencana usai tsunami menerjang Selat Sunda dan meluluhlantakkan beberapa di wilayah di Banten dan Lampung pada Sabtu lalu (22/12).
Dia menjelaskan pendampingan terus dilakukan pada korban tsunami dengan mengerahkan tim ke lokasi, termasuk dari TNI/Polri. "Pendanaannya, manajemennya ini yang terus kita lakukan," ucap dia. Sementara proses evakuasi terkendala karena ada meterial yang rata dengan tanah. 

Sutopo menjelaskan, penanganan darurat kini fokus pada pencarian dan penanganan korban, pengungsi, serta perbaikan saran dan prasaran.


"Kebutuhan mendesak alat berat, makanan, tenda pengungsi, MCK, genset dan BBM," kata Sutopo.

Hingga Selasa siang BNPB mencatat jumlah korban meninggal mencapai 429 orang, kemudian 1.485 luka-luka, 154 orang hilang dan 16.082 orang mengungsi

Data ini mungkin akan terus bertambah mengingat pendataan masih terus dilakukan.


(fhr/dea)