KALEIDOSKOP 2018

FOTO: Bingkai Peristiwa Penting Sepanjang 2018

tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/12/2018 19:19 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa penting menyedot perhatian publik sepanjang 2018. Dari mulai aksi teror di Surabaya, tsunami di Sulawesi Tengah, hingga jatuhnya Lion Air.

Sejumlah narapidana kasus terorisme mengamuk dan menyandera petugas di Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, 10 Mei 2018. (ANTARA FOTO/Humas Mabes Polri/RN/foc/18)
Tiga aksi teror hampir berbarengan terjadi di Surabaya, Jawa Timur yakni di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS), Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Pantekosta Pusat, dan Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, 13 Mei 2018. (ANTARA FOTO/HO/HUMAS PEMKOT-Andy Pinaria/MA/kye/18)
Kapal Motor Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, 18 Juni 2018. Keluarga menabur bunga di Dermaga Tigaras, Danau Toba karena 164 korban belum ditemukan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/18)
Kapal feri penyeberangan KM Lestari Maju juga akan tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, 3 Juli 2018. Tampak penumpang tengah menyelamatkan diri dari kapal yang nyaris tenggelam. (ANTARA FOTO/HO/Relawan BNPB/Adm/kye/18)
Gempa magnitudo 7 mengguncang Lombok, NTB, 5 Agustus 2018. Kursi-kursi pinggir pantai Gili Trawangan yang terlihat porak poranda pascagempa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ribuan rumah dan bangunan rusak parah karena gempa yang mengguncang Lombok. Sementara jumlah korban tewas lebih dari 500 orang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Gempa juga mengguncang Sulawesi Tengah, 28 September 2018. Bencana kali ini lebih parah karena disertai tsunami dan likuefaksi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sesaat setelah gempa sempat terjadi aksi penjarahan di pusat perbelanjaan di Palu, Sulawesi Tengah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Salah satu faktor pemicu penjarahan adalah kurangnya bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi tengah.  (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras/18)
Kapal Sabuk Nusantra 39 yang terdampar ke daratan di desa Wani, Pantai Barat Donggala, Sulawesi Tengah menggambarkan dahsyatnya gelombang tsunami. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras/18)
Pesawat Lion Air jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, 29 Oktober 2018. Tampak petugas Basarnas mengevakuasi puing-puing pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 ke Kapal KN Sar Sadewa. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp)
Tim dari Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Amerika Serikat dan tim ahli Boeing Company Amerika mengidentifikasi berbagai serpihan pesawat pasca kecelakaan Lion Air JT 610 di Posko Basarnas, Terminal JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis, 1 November 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tsunami Selat Sunda menerjang kawasan pesisir di Lampung dan Banten, 22 Desember 2018. Reruntuhan sisa tsunami di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Foto aerial sebuah mobil yang terbawa arus tsunami hingga tersangkut di tengah sawah di kawasan Carita, Banten, Senin (24/12/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)
Foto udara letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Minggu (23/12). Erupsi Anak Krakatau memicu longsor di laut dan menyebabkan tsunami di Banten dan Lampung. (ANTARA FOTO/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat/pras)
Hasil pantauan PVMBG Gunung Anak Krakatau masih terus mengalami gempa tremor dengan amplitudo di atas 40 milimeter yang disertai semburan material vukanik. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/kye)