Relokasi Diwacanakan di Pesisir Lampung Terdampak Tsunami

CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 21:40 WIB
Relokasi Diwacanakan di Pesisir Lampung Terdampak Tsunami Relokasi warga terdampak tsunami diwacanakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(CNN Indonesia/Zainal Asikin)
Lampung, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka wacana untuk merelokasi kawasan permukiman yang terdampak tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan.

Beberapa tempat yang diterjang tsunami adalah Desa Way Muli, Kunjir dan Pusat PeleIangan Ikan (PPI) Bom.  

Basuki mengatakan salah satu fokus pemerintah saat ini adalah membantu pembangunan kembali rumah-rumah warga yang rusak diterjang tsunami.

"Yang jelas kami akan upayakan relokasi tidak mengancam keselamatan warga," kata Basuki di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Selasa (25/12).


Lokasi baru tersebut menurutnya diperkirakan aman dari tsunami. Pasalnya ancaman tsunami masih manghantui warga pesisir.

Basuki mengatakan pemerintah melaui Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait rencana relokasi ini.

"Pastinya kami akan carikan lokasinya yang juga dekat dengan tempat mata pencarian warga dan enggak mungkin jauh. Yang jelas, lokasinya aman dari kemungkinan terjadinya kembali terjangan gelombang tsunami," ujar Basuki.

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani juga menyinggung soal wacana relokasi kawasan yang terdampak tsunami di pesisir Lampung Selatan.

"Perlu ada pendataan dan masukan dari Pemda, wilayah-wilayah mana yang habis terkena tsunami. Karena hal ini penting, jangan sampai nantinya kita bangun rumah di tempat yang sama di pinggir laut bisa terkena dampak gempa dan tsunami lagi," kata Puan.

Lampung Selatan jadi salah satu daerah terdampak tsunami Selat Sunda selain Pesawaran, Tanggamus dan dua daerah di Banten: Pandeglang dan Kabupaten Serang.

Total korban tewas hingga saat ini tercatat 429 orang dan 16 ribu orang mengungsi. Sementara 154 dilaporkan masih hilang. (zas/sur)