Risma Tentukan Nasib Jalan Gubeng yang Sempat Amblas Hari Ini

CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 03:20 WIB
Risma Tentukan Nasib Jalan Gubeng yang Sempat Amblas Hari Ini Walikota Surabaya Risma Tri Rismaharini saat meninjau Jalan Gubeng yang amblas. (CNN Indonesia TV)
Surabaya, CNN Indonesia -- Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang ambles beberapa waktu lalu mulai diaspal pada Selasa malam (26/12). Meski demikian, operasionalnya masih harus menunggu hasil rapat koordinasi antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Kepolisian yang bakal digelar hari ini, Rabu (26/12).

Walikota Surabaya Risma Tri Rismaharini menyebut pengaspalan jalan rencananya dilakukan pada Selasa malam. Kendati pengaspalan bakal segera rampung, ia mengaku masih perlu berkonsultasi dengan sejumlah pihak untuk mengoperasionalkan jalan.

"Untuk memfungsikannya (Jalan Gubeng) kembali saya harus koordinasi dengan Polda dan Polres," ujar Risma.


Rencanya, Risma bakal menggelar rapat koordinasi dengan Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya pada Rabu (26/12) guna memutuskan nasib jalan tersebut.


Kalaupun dalam koordinasi itu, nantinya jalan tersebut diputuskan bisa langsung diopersikan, Risma akan lebih dulu membuka lajur sisi timur.

Hal itu lantaran, dinding penahan di sisi barat jalan, belum rampung dikerjakan. Risma ingin memastikan jalan itu juga benar-benar aman dilalui para pengendara jika besi SSP (Steel Seet Pile) di sisi barat selesai terpasang.


"Kami hanya fungsikan dua lajur yang sisi timur, karena saya masih khawatir dengan dinding penahan ini. Tapi kita selesai (aspal) 4 lajur. Kami masih harus menyelesaikan dinding penahannya," kata dia.

Risma menyebut pemulihan jalan ini lebih cepat dari rencana awal yang membutuhkan waktu tujuh hari. Kendati demikian, masih ada pekerjaan tersisa yang belum dirampungkan, yakni pemasangan box vulvert, lampu penerangan, dan area pedestrian di sisi barat jalan.

"Pemasangan box culvert nanti bisa menyusul kan enggak ganggu jalan. Lampu penerangan kami sudah siapkan. Untuk pedesterian dan saluran itu itu juga kami siapkan, nanti tinggal pasang," kata dia. (frd/agi)


BACA JUGA